Buruh SBSI Kembali Lakukan Aksi Demo


Foto: Rendi/Pagaralam Pos Demo: Demonstran tergabung dalam SBSI berorasi di Gedung Pemkab peringati hari Buruh, Senin (2/5).
Foto: Rendi/Pagaralam Pos
Demo: Demonstran tergabung dalam SBSI berorasi di Gedung Pemkab peringati hari Buruh, Senin (2/5).

PAGARALAM POS, Lahat – Aksi demonstrasi lanjutan kembali digelar oleh para buruh yang tergabung dalam SBSI, Senin (2/5) di halaman Pemkab Lahat. Dalam demonstrasi kali ini, ada sejumlah poin yang mereka jelaskan. Hal ini terlihat dari spanduk dan selebaran yang mereka bagi-bagikan saat menggelar aksi, bahkan salah satunya ditujukan kepada Bupati Lahat, H. Saifudin Aswari, Riva’i, SE. ‘Pak Aswari Riva’i, dengar jeritan kami, Pak Aswari Kami Lapar’. Hal tersebut tertulis di salahsatu spanduk yang mereka bawa.

Selain ditujukan kepada Bupati, juga tampak pula sejumlah poin yang disodorkan bagi Presiden Joko Widodo. ‘Jokowi bersih, Bupati Lahat biarkan pengusaha menindas,’ demikian bunyi salahsatu kalimat spanduk lainnya.

Dan juga tuntutan mereka kepada Pemerintah Kabupaten Lahat dijabarkan dalam lima poin, yang pertama, mendesak Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lahat mengeluarkan nota pemeriksaan atas PT. Sinar Baru Wijaya Perkasa (SBWP). Kedua, meminta pencabutan izin operasional PT. SBWP. Ketiga, mendesak PT. KSM membayar uang pesangon 32 karyawannya yang telah di PHK secara sepihak. Keempat, mendesak Disnakertrans Kabupaten Lahat mengeluarkan nota pemeriksaan atas PT. KSM. Dan kelima, memanggil pihak terkait dalam rangka mencarikan solusi permasalahan yang ada di PT. SBWP dan PT. KSM.

Setelah selesai menyampaikan orasi, lima orang perwakilan demonstran diterima oleh Asisten IV, Iskandar di ruang Asisten II. Ikut pula dalam proses mediasi ini di antaranya Kepala UPTD Dinas Pertambangan Provinsi Sumsel, Ir Tulus Santoso, Kapolsek Kota Lahat, AKP Lihardi, dan Kabid Perlindungan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans, Ujang Sujana.(mg21/CE-V)

#baca berita selengkapnya…terbit 3 mei 2016#

Previous Peringatan Hardiknas, Kepala SKPD Banyak Mangkir
Next ‘Jabal Magnet’ Daya Tarik Wisata baru di Pagaralam