Bupati Berang, Pohon Menjuluk Langit Ditebang


LAHAT – Kepala Dinas Pengelolaan Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kota (Kadispengsarsihkot) Kabupaten Lahat, Drs. Irpan Ilyas MM menyesalkan atas tindakan yang dilakukan oknum pegawai salahsatu instansi menebang Pohon Menjuluk Langit, yang ditanam di depan kantor tersebut.
“Padahal, banyak sekali fungsi dari pohon tersebut, kalaupun mau ditebang, kenapa tidak bagian atasnya saja, ini malah semuanya, sehingga membuat Bupati Lahat kebetulan melintas menjadi berang,” katanya.
Bahwasanya program Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat menanam ribuan bibit pohon, dengan tujuan agar lokasi tersebut menjadi teduh dan nyaman. “Kita ketahui, Kota Lahat sangat sedikit sekali ruang terbuka hijau (RTH). Nah, dengan adanya penanaman bibit pohon di tempat yang kosong, tentunya menambah daya tarik tersendiri,” ungkap Irpan.
Irpan menyebutkan, tentunya ini menjadi satu contoh yang seharusnya tidak dilakukan penebangan. Sejauh ini, Bupati Lahat terus mengkampanyekan untuk menghijaukan Kota Lahat serta menanam pohon di hutan. “Kok ini malah ditebang, dengan kata lain. Itu tidak mendukung program Pemda Lahat. Kami meminta kepada instansi pemerintah lainnya jangan sesekali menebang pohon tanpa izin ada alasan tertentu,” pungkasnya.
Sementara itu, Bupati Lahat H. Saifudin Aswari Rivai SE menegaskan, dirinya sama sekali tidak menyetujui dengan aksi penebangan yang dilakukan instansi pemerintah tersebut. “Kebetulan saya mau ke Kantor DPD II Partai Golkar, ketika lewat, ternyata pegawai kantor tersebut dengan enaknya menebang pohon. Padahal, untuk tumbuh cukup besar membutuhkan waktu yang lumayan lama,” tegasnya.
Ini, sambung dia, samasekali tidak mendukung program pemerintah dalam membuat Kota Lahat hijau, asri, teduh, indah, rindang dan nyaman. Diketahui, untuk RTH sendiri sangat sedikit sekali. “Dengan adanya penanaman pohon-pohon di depan kantor pemerintah, rumah ibadah, sekolah maupun pemukiman perumahan masyarakat, akan membawa kehijauan dan memiliki penilaian tersendiri. Saya sarankan kepada institusi lainnya untuk tidak meniru menebang pohon sembarangan,” pungkas H. Aswari. (23/jpnn/CE-V)

Previous Apa Tindak Lanjut Maraknya Pungli di SKPD ?
Next 12 Calon Satpol PP Positif Narkoba