Bumi Agung Krisis Air Bersih


PAGARALAM POS, Pagaralam – Sebanyak 13 RT dan 3 RW di Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara, krisis air bersih. Itu setelah Siring Ayek Bumi Agung di Dusun Gunung Agung, jebol. Siring ini merupakan pemasok air bersih untuk Kelurahan Bumi Agung.

Setidaknya 4 titik dinding siring jebol, sepanjang 10 hingga 20 meter. Walau telah diperbaiki dengan cara membangun tanggul darurat, dengan bahan seadanya seperti kayu dan tumpukan tanah. Ini diprediksi tidak akan mampu menahan air lebih lama lagi.

Ketua RT 02 Dusun Bumi Agung, Ihen menyebut, aliran air dari Siring Ayek Bumi Agung, warga bisa minum, mandi hingga mengairi kolam ikan. “Sejak siring itu jebol, tak bisa mandi, masak air hingga ada kolam ikan kekeringan,” ungkap Ihen.

Sementara, mantan Kepala Desa (Kades) Bumi Agung, Amir Terim mengakui, siring tersebut sering dibersihkan warga secara gotong-royong. Namun, sampah-sampah dari bagian hulu terus ada. “Dari dulu sudah seperti itu kondisinya. Mungkin karena kita sudah ‘kebal’. Jadi, pengaruhnya dengan kesehatan tidak kita rasakan,” ucapnya.

Anggota DPRD Kota Pagaralam, Zifeni Amir yang turut terjun ke lapangan, mendesak agar seluruh pihak terkait, terutama BPBD Kota Pagaralam. “Kita akan minta supaya BPBD dan pihak terkait lainnya harus lebih peduli dengan segera terjun ke lapangan, melihat kondisi di lapangan dan mencarikan solusinya,” tegasnya. (11/CE-V)

Previous Ulat Grayak Serang Dua Kecamatan
Next DBH Dipotong Rp 187 M