BPOM Blusukan Vaksin Palsu


PAGARALAM POS, Pagaralam – Pasca merebaknya vaksin palsu untuk kekebakan bagi kalangan balita, BPOM Palembang melalukan blusukan ke sejumlah Puskesmas yang ada di Kota Pagaralam. “Belum lama ini, petugas dari BPOM Palembang tanpa koordinasi (diam-diam, red) ke kita (Dinas Kesehatan Kota Pagaralam) mengecek ke lapangan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Drs Roshan YM Mkes, melalui Kabid Farmasi, Makanan dan Minumam (Farmakmin), Sugihartono SKM, kemarin.

Ditambahkan Sugihartono, hasil sementara di lapangan, setelah BPOM mengecek tidak ada temuan. BPOM katanya melihat langsung stok vaksin untuk imunisasi bagi balita. “Usai ngecek ke lapangan, kita baru mendapat laporan dari pihak Puskesmas serta dari bagian P2PL Dinas Kesehatan, bahwa mereka (BPOM, red) sudah ke lapangan. Hasilnya, tidak ada temuan adanya vaksin palsu dimaksud,” terangnya.

Terkait peredaran vaksin palsu diakui Sugihartono, rentan terjadi di sejumlah tempat peraktek atau klinik swasta. Terlebih droopingnya atau dibeli melalui salles obat. “Distribusi vaksin di Pagaralam untuk memenuhi kebutuhan di sejumlah Puskesmas kita mintakan ke Dinkes Provinsi Sumsel yang didrooping Pusat, melalui pengadaan pabrikan obat (Kimia Farma, red),” katanya.

Pengawasan di apotek, pihaknya akan melakukannya. “Di Pagaralam ada delapan apotek. Secara berkala, pengawasan vaksin ini kita lakukan ke apotek-apotek yang ada,” pungkasnya. (06)

 

Previous “Kuncinya Survei dan Dukungan Parpol”
Next Bangun Jalan Tembus Air Perikan - Jambat Akar