BKD Muratara Apresiasi Peningkatan PAD PBB 2018


PAGARALAM POS, Muratara – Kepala Dinas (Kadis) Badan Keuangan Daerah (BKD), Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Duman Pachsal, mengapresiasi meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Bumi Berselang Serundingan sebanyak 2 (Dua) persen.




“Sampai tanggal 20 Agustus 2018, realisasi pajak Muratara adalah 87,91 persen. Jadi, jika dipersentasekan, kanaikan tersebut sebanyak dua persen. Saya sangat mengapresiasi atas peningkatan tersebut, dan ini merupakan bukti jika masyarakat kita sadar akan pajak,” kata Duman Fachsal.




Dirinya menjelaskan, dari 80 Desa yang berada di Muratara, hanya ada Dua Desa yang belum melunasi pajak. Namun hal itu bisa membuktikan keberhasilan Muratara dalam masalah pajak. “Jika kita lihat dari tahun 2017, ada kenaikan dari 87,86 persen menjadi 87,91 persen. Kenaikan tersebut dari 80 Desa dan lima Kelurahan yang lunas. Sementara Tinggal 2 Kelurahan dan Desa yang tersisa,” jelasnya.




Kadis BKD Muratara juga mengatakan akan memberi penghargaan kepada Kecamatan, Lurah dan Desa yang dalam hal ini cepat atau taat membayar pajak. “Kita akan memberikan penghargaan untuk Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang lunas PBB tahun 2018,” katanya.




Sementara, Bupati Muratara, HM, Syarif Hidayat menargetkan, jika tahun 2018 ini seluruh Desa telah membayar pajak. “Target pada tahun ini, semuanya telah membayar pajak, karena PBB ini 100 persen akan kembali ke kas daerah. PAD Muratara masih kecil, sekitar berkisar 100 juta. Sedangkan potensi di Muratara sangat besar,” ujar Bupati Muratara HM. Syarif Hidayat.




Dirinya juga mengimbau warga, dalam hal ini Pemerintah Daerah (Pemda) tingkat bawah untuk aktif, sehingga dapat meningkatkan PAD Muratara. “Saya meminta pemerintah daerah agar lebih aktif lagi, sehingga PAD kita bisa meningkat. Dan kita targetkan pada tahun 2019 mendatang, pembangunan 70 persen, dan 30 persen kegiatan rutin,” pungkasnya. (mg01)

Previous 75.704 Jiwa Miliki Jaminan Kesehatan
Next Dewan Kopi – Pusri Uji COba NPK Kopi di Pagaralam