Bisa Mandiri Hasilkan Benih Padi


PAGARALAM POS, Pagaralam – Tak akan lama lagi Kota Pagaralam bisa menghasilkan benih padi sendiri. Itu setelah proses penangkaran padi di Dusun Jambat Akar, Kecamatan Dempo Utara berjalan sukses. Tanaman padi varietas cihireng dengan luas 10 hektar sudah dipanen, kemarin. Padi inilah yang nantinya akan dijadikan benih untuk kemudian dilempar ke pasaran.

Penanggungjawab kegiatan penangkaran, Reynaldi SP mengatakan, penangkaran ditujukan untuk memenuhi kebutuhan benih padi di Kota Pagaralam. “Mungkin selama ini benih padi yang diperoleh petani Pagaralam berasal dari luar. Dengan adanya penangkaran ini, tak perlu lagi terjadi. Pagaralam bisa menghasilkan benih padi sendiri untuk para petani,” ujar Reynaldi, usai kegiatan panen.

Penangkaran di Dusun Jambat Akar diproyeksi mampu mengcover kebutuhan benih di wilayah Kecamatan Dempo Utara. “Penangkaran ini mampu menghasilkan gabah padi sebesar 7, 6 padi ton/hektar. Kalau 10 hektar, berarti ada 70,6 ton gabah padi. Memang, jumlah panen ini pasti menyusut, karena dijemur dan akhirnya nanti diubah menjadi benih. Untuk wilayah Dempo Utara sudah cukup,” terangnya.

Sementara itu, David SP, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pertanian dan Hortikultura Pemkot Pagaralam menambahkan, jika nanti benih padi Poktan Setia A lolos uji kelayakan, dalam kemasannya dilekatkan label berwarna ungu. (11/CE-V)

Previous Peserta Ujian Nasional 2015 Valid
Next Amankan Kayu Hasil Ilegal Logging