Binatang Buas Cemaskan Pengguna Jalan


PAGARALAM POS, Lahat – Untuk pengguna jalan yang sering melewati jalur alternatif Lahat-Pagaralam tepatnya di Desa Tinggi Hari Kecamatan Gumai Ulu. Karena, minggu (24/4) yang lalu, salah satu pengendara motor yang sedang melintas dijalur tersebut sempat di hadang Binatang Buas jenis Beruang Madu.

Toto (56) warga Desa Manggul Lahat mengaku terkejut dengan munculnya Beruang madu besar yang tiba-tiba muncul dari tepian hutan, untungnya jarak antara dirinya dan kemunculan binatang buas ini masih sekitar 15 meter, sehingga tidak sampai mengancam keselamatanya. “Lagi nyantai nikmati pemandangan sore, tiba-tiba beruang ini nyebrang. Pas ditengah jalan beruang sempat berhenti sejenak, sebelum belari lagi ke hutan,” ujarnya.

Terpisah, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel melalui seksi konservasi wilayah II Lahat Rahim menyatakan berdasarkan undang-undang no 5 Tahun 1990 siapa saja tidak dibenarkan menangkap, menyakiti terlebih lagi memperjualbelikan. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau warga setempat untuk tidak memburu beruang tersebut.

Karena tak dipungkiri, keberadaan satwa yang dilindungi menjadi daya tarik bagi kolektor hewan-hewan buas untuk menjadi koleksinya. “Sudah jelas di dalam undang-undang, tidak boleh dilakukan perburuan demi melestarikan satwa tersebut,” ujarnya.(mg21)

#baca berita selengkapnya…..terbit 27 april 2016#

Previous Pacu Prestasi Ikuti Lomba PMR Tingkat Provinsi
Next Sengketa Tanah MAN Berlanjut