Bergagang Ratu Berisi Sumpah


Foto-foto: Pidi/Pagaralam Pos/net/Ilustrasi PUSAKA : Salahsatu contoh keris besemah yang masih ada di sampai dengan saat ini. Foto diabadikan beberapa waktu lalu.
Foto-foto: Pidi/Pagaralam Pos/net/Ilustrasi
PUSAKA : Salahsatu contoh keris besemah yang masih ada di sampai dengan saat ini. Foto diabadikan beberapa waktu lalu.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Setiap daerah hampir pasti memiliki senjata tradisional. Aceh misalnya dengan rencongnya, dan Jawa Barat dengan kujangnya. Besemah pun demikian. Senjata tradisional besemah adalah keris.

Menurut Sejarawan Sumatera Selatan, Ahmad Bastari Suan, senjata tradisional di besemah, sama saja dengan masyarakat Melayu pada umumnya, yakni berupa keris. “Sejauh penelitian kami, senjata tradisional besemah itu bentuknya ya keris,”sebut Bastari, ketika dimintai pendapatnya, kemarin, (7/4). Bastari memang sering melakukan penelitian tentang budaya besemah. Termasuk di antaranya tentang budaya berupa benda tak bergerak seperti senjata tradisional.

Meskipun demikian, lanjut Bastari, keris yang ada di besemah memiliki perbedaan dari daerah lain. Ini salahsatunya sebut dia, dilihat dari bentuk pulu atau gagang keris. “Bedanya hanya dari segi gagangya saja. Selebihnya dari segi mata dan lekukan, sama saja dengan yang lain,”tuturnya.

Dipaparkannya, gagang keris jeme besemah dikenal memiliki banyak bentuk. Dan masing-masing gagang tersebut memiliki nama sesuai dengan bentuknya. Tiga di antaranya nama gagang keris itu adalah: pulu ratu, pulu ratu kesian dan pulu nage. “Pulu ratu merupakan keris yang gagangnya berupa topi mendongak ke atas. Lalu pulu ratu kesian, merupakan keris dengan gagang berbentuk topi tapi mendongak ke bawah. Sedangkan pulu nage merupakan gagang berbentuk dengan kepala ular,”bebernya. (11)

#baca berita selengkapnya…terbit 9 april 2016#

Previous Upal Mulai Beredar
Next Bergulat Dengan Petugas, Kurir Narkoba Keok