Berdebar-debar Ketika Hujan Turun


Foto: Pidi/Pagaralam Pos MELUAP: Gorong-gorong yang sempit membuat air meluap, sehingga melebar masuk ke dalam rumah warga.
Foto: Pidi/Pagaralam Pos MELUAP: Gorong-gorong yang sempit membuat air meluap, sehingga melebar masuk ke dalam rumah warga.

PAGARALAM POS, Agung Lawangan – Hujan memang membawa bisa berkah. Sebaliknya juga bisa membawa ‘petaka’. Contohnya bisa dilihat di dusun Gunung Agung Lama, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara ini. Di dusun ini, turunnya hujan membuat warga menjadi was-was. Penyebabnya, tiap turun hujan air anak sungai garaman meluap dan masuk ke dalam rumah.

“Sudah tigakali ini, rumah warga di sini kemasukan air dari anak sungai garaman. Kejadiannya persis saat hujan turun dengan derasnya,” ucap Ketua RW Dusun Gunung Agung Lama, Kamhar, saat ditemui Pagaralam Pos kemarin (4/12).

Karenanya Kam berharap, kepada pihak terkait untuk segera menangani persoalan tersebut. Minimalnya sebut dia, mengganti gorong-gorong yang ada sekarang dengan yang baru. “Kalau dibiarkan terus, rumah warga akan terus kebanjiran,” katanya.

Sementara, Apan, salahseorang warga yang rumahnya kemasukan air dari anak sungai garaman, mengaku saat ini sudah sangat resah. “Kalau hujan turun kami selalu was-was. Takut-takut air masuk lagi ke dalam rumah,” keluhnya.

Sebelumnya, Lurah Agung Lawangan, Rudiansyah SSos MSi mengatakan, pihaknya akan segera mengusulkan perbaikan terhadap gorong-gorong di dusun Gunung Agung Lama. “Nanti kita cek dulu. Kalau memungkinkan akan kita upayakan agar segera diperbaiki, supaya rumah warga tidak kebanjiran terus,” ujar Rudi. (11/CE-V)

Previous Empat Tahun Makan Dedaunan
Next Patroli Gowes, Pantau Titik Rawan Lalin