Berbulan-bulan ‘Mati Suri’, Ratusan Lapak Kosong Dipenuhi Belukar


PAGARALAM POS, Pagaralam – Aktivitas jual beli di kalangan Dusun Gunung Agung Tengah Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara berhenti total. Praktis kalangan yang berada di tepi jalan Pagaralam-Tanjung Sakti ini ‘mati suri’.




Pantauan Pagaralam Pos, kemarin (2/8), sekitar seratus lebih lapak terbuat dari bambu di kalangan ini, nampak kosong. Beberapa buah lapak sudah rusak dan dipenuhi semak belukar. Tak tampak aktivitas jual beli antara konsumen dan pedagang, layaknya sebuah pasar tradisional. “Sudah cukup lama tak ada pedagang yang jualan di sini. Kalau tidak salah, sudah dua bulan,” ucap Anto (37), salahseorang warga yang rumahnya berdekatan dengan kalangan.




Anto tak tahu persis apa yang menyebabkan kalangan di dekat rumahnya berhenti beraktivitas. Yang jelas ia turut prihatin. Kalangan tersebut disediakan pemerintah untuk membantu para pedagang berjualan. “Kalau dibiarkan, kan sayang,” sesalnya.




Keberadaan kalangan Gunung Agung juga memudahkan warga sekitar untuk membeli pelbagai kebutuhan hidup. “Lokasi kalangan ini strategis. Di tengah-tengah. Jadi warga Gunung Agung, Bumi Agung bahkan Janang mudah untuk menjangkaunya,” tuturnya.




Camat Dempo Utara, Drs Bahrul Hidayat membenarkan perihal kondisi kalangan Gunung Agung tersebut. Dirinya tak menampik, bila kondisi itu terjadi karena para pedagang kembali ke kalangan lama, yakni di Dusun Bumi Agung. “Sekarang ini, tiap dusun sudah ada kalangan. Di Bumi Agung, kalangannya tiap Jum’at pagi. Kita tak akan membiarkan kondisi kalangan Gunung Agung terus seperti itu. Dalam waktu dekat, akan berkoordinasi dengan instansi terkait, mencari jalan ke luar yang terbaik,” katanya. (11)

Previous Perbaikan ‘Tambal Sulam’ Jalan di Pagaralam Dikeluhkan Pengendara
Next DPR-RI Serahkan Bantuan Alsintan