Bentuk Relawan ‘Peduli Api’


Foto: Ist/Humas Polres Pagaralam RELAWAN : Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIK saat mengecek kesiapan personel pada apel Karhutla di Mako Polres.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Mengantisipasi sekaligus edukasi mesyarakat terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Pagaralam melalui Sat Binmas membentuk relawan Karhutla melibatkan masyarakat di setiap Kelurahan di Kota Pagaralam.
Bersamaan dengan itu, pada Selasa (21/7) digelar apel Karhutla sekaligus penyampaian arahan Kapolres didampingi Waka Polres, Kompol Milwani SE dan Kasat Binmas, AKP Sariyo mengenai kehadiran relawan serta bahayanya dampak karhutla.
“Apel sebagai gerak cepat dalam menghadapi bencana Karhutla khusunya ditengah Pandemi Covid-19,” ujar Kapolres Pagaralam seraya berharap kepada para kekuatan yang ditempatkan dilapangan dalam menghadapi bencana Karhutla agar gerak langkah kita menjadi ladang amal dan ibadah dalam meminimalisir dampak yang dapat ditimbulkan dari Bahaya Karhutla di Negara Indonesia dan terkhusus Kota Pagaralam.
Ditambahkan, Kasat Binmas,. AKP Sariyo, jika satuannya sudah membentuk relawan Peduli Apia atau karhutla dengan mengandeng elemen masyarakat. Nantinya, masyarakat bisa berkoordinasi dengan RT RW ataupun lurah setempat atau unsur tiga pilar.
“Yang jelas, adanya relawan peduli api ini (Karhutla, red) menjadi ujung tombak pencegahan sekaligus dalam mengedukasi masyarakat lainya tentang kebakaran hutan dan lahan,” ujar dia seraya mengatakan sebelumnya Satbinmas memberikan seragam sebagai identitas keberadaan relawan Karhutla.
Lanjut AKP Sariyo, seluruh kelurahan kita bentuk relawan dimaksud melalui koordinasi dan kerjasama personel Bhabinkamtibmas Polres Pagaralam. “Mereka juga memiliki peran untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentanga bahaya dampak kerusakan lingkungan imbas dari karhutla,” ungkap AKP Sariyo seraya mengatakan sedikitnya sudah ada 350 relawan.
Sementara pada apel Karhutla di halaman Mako Polres Pagaralam melibatkan, Bhabinkamtibmas, 1 pleton TNI Kodim 0405 Lahat, Dishub, Basarnas Pagaralam, Satpol PP, serta kelompok Pencinta Lingkungan Kota Pagaralam. (Atg06/Cg09)

Previous Terus Berbhakti Dalam Penegakan Hukum
Next ODGJ Pukul Nenek Hingga Tewas