Belum Bisa Diperbaiki Cepat


PAGARALAM POS, Pagaralam – Kerusakan Jalan Negara akibat longsor, mulai
dari perbatasan Lahat – Pagaralam, kawasan Liku Indikat, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan hingga Simpang Manak, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan belum dilakukan perbaikan.

Parahnya lagi, kerusakan di jalan negara ini, seperti di Dusun Mingkik, dan Liku Indikat malah dimanfaatkan sejumlah oknum meminta sumbangan. Tak pelak, jika dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan berpotensi menjurus aksi pemalakan.

Adi (36), salahsatu pengendara mobil yang melintas mengatakan, dirinya juga mengeluhkan kerusakan jalan tersebut yang lamban dilakukan perbaikan. Termasuk di Liku Indikat yang jalannya kian menyempit sulit dilalui. “Kita khawatir jika kita melintas saat jalan sepi atau dimalam hari, kita palaki,” ungkapnya.

Terkait kerusakan jalan tersebut, Pemkot Pagaralam melalui Dinas Pekerjaan Umum belum bisa melakukan perbaikan cepat, lantaran akses tersebut Jalan Negara. “Sudah kita ajukan untuk dilakukan perbaikan ke Pusat (Kementrian PU, red) melalui Balai Besar Jalan. Hanya saja hingga saat ini belum ada respon kapan akan dilakukan perbaikan,” jawab Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Hariadi Razak melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah ST, kemarin.

Adriansyah juga menyebutkan, surat pengajuan perbaikan Jalan Negara ini juga melalui Bappeda Kota Pagaralam. Mengenai perbaikan jalan akibat longsor, paling tidak di lokasi bahu jalan dibangun tembok penahan dengan cara cor. “Dilihat kondisinya, dan kedalaman longsor jalan dibangun cor tembok penahan dibandingkan beronjong,” katanya.

Sejauh ini, belum dilakukannya perbaikan oleh Pemkot Pagaralam, bukan
tanpa alasan. Lantaran, bukan tanggungjawab daerah mengenai perbaikannya. Sisi lain untuk perbaikan sendiri dipastikan dibutuhkan anggran yang tak sedikit. “Untuk perbaikan, kita masih menunggu dari Pusat (Balai Besar, red). Temuan dilapangan, sedikitnya enam titik kerusakan termasuk longsor mulai dari Liku Indikat – Simpang Manak dan dua titik menuju perbatasan Kerinjing,” sebutnya. (06)

Previous Daerah Rawan Disulap Menjadi Taman‎
Next Sita 10 kg Kayu Panjang Umur