Belum Ada Sekolah Miliki Mutu SNP


PAGARALAM POS, Pagaralam – Hasil peta monitoring berbasis data evaluasi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sumatera Selatan, ternyata belum ada satupun sekolah-sekolah di Kota Pagaralam yang memiliki mutu Standar Nasional Pendidikan (SNP).




Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan, dr H Yaswardi mengungkapkan, standar nasional pendidikan menjadi tuntutan dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Pagaralam, dengan terus melakukan kreatifitas secara berkelanjutan, LPMP sendiri di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bertugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan berbasis evaluasi diri sekolah.




“Belum ditemukan satupun sekolah di Pagaralam memiliki mutu SNP, kalau akan menuju ke SNP sudah banyak, dari level 5 baru mencapai level 4, tinggal lagi diperkuat dukungan anggaran, sarana dan prasaran, termasuk kualitas pendidik,” terangnya saat paparan di hadapan Walikota Pagaralam, Alpian Makoni, Ketua DPRD Pagaralam, Ruslan Abdul Gani, Ketua Komisi 3 DPRD Pagaralam, Dedy Irawan Gumay.




Turut hadir, Sekda Pagaralam, Drs H Safrudin MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam, Marjohan Derah, Kepala Sekolah Dasar dan Kepala SMP, sedangkan pertemuan bertempat di Ruang Rapat Besemah I, kemarin.




Dikatakan Yaswardi, kemungkinan setelah memiliki SNP, dua atau tiga tahun ke depan Kota Pagaralam berada di posisi lima besar di Provinsi memiliki mutu pendidikan baik, untuk itu mari bersama membangun pendidikan di Pagaralam menjadi sentral pendidikan di Sumatera Selatan. “Terpenting, perkuat pendidikan karakter, mulai dari karakter spiritual keagamaan, karakter nasionalisme kebangsaan, karakter integritas, jujur tauladan, karakter kemandirian dan karakter gotong royong,” ucapnya.




Lanjut Yaswardi, menentukan mutu pendidikan diperlukan adanya pembiayaan dibantu APBD, bentuk Perwako memperkuat BOS yang ada, serta harus ada kontribusi walimurid guna memperkuat pembiayaan dengan diperkuat Peraturan Daerah. “Khusus di Pagaralam, kita sudah melakukan pendataan sekaligus mendapatkan rapor mutu pendidikan dari sebanyak 89 Sekolah Dasar, 20 SMP, 9 SMA dan 5 SMK yang tersebar di lima kecamatan Kota Pagaralam,” bebernya.




Sementara itu Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni menyampaikan, ke depan Pemerintah Kota Pagaralam berkomitmen mendukung mutu pendidikan dan pendidik di Kota Pagaralam sejalan dengan visi misi keadilan memperoleh pendidikan serta membangun karakter orangtua dan anak pentingnya memahami dunia pendidikan. (08/CE-V)

Previous Wako Terima Penghargaan LPMP
Next Gempa Bengkulu Guncang Pagaralam