Belum Ada CJH Mengajukan Pengembalian BPIH


Foto: Ist/Pagaralam Pos
Silahudian SAg MPdI

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Pagaralam memastikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Pagaralam aman, kendati pemberangkatan ibadah haji 1441 H atau tahun 2020 ditunda atau dibatalkan sampai tahun depan 2021.

Kepala Kankemenag Kota Pagaralam H Win Hartan SAg MPdI melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Silahudin SAg MPdI menyatakan, meskipun dalam keputusan Menteri Agama Nomor: 494 tahun 2020 tentang pembatalan keberangkantan CJH, namun CJH bisa mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan BPIH.

Akan tetapi Setoran pelunasan BPIH yang dibayarkan, akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sehingga BIPIH tersebut tetap aman. “Namun jika ada CJH yang ingin mengajukan pengembalian BPIH, tetap kita persilakan,” terang Silahudin.

Porsedurnya, ujar Silahudin, CJH bisa mengajukan permohonan ke Kankemang setempat atau Kameneg Kabupaten/Kota yang kemudian diteruskan ke Direktorat Haji Pusat, kemudian diteruskan lagi ke BPKH pusat dan menerbitkan perintah bayar dan Bank pun memasukan biaya tersebut ke rekening jama’ah. “Tapi sejauh ini, baik secara lisan maupun lainya belum ada CJH Pagaralam, yang mengajukan pengembalian pelunasan BPIH walaupun sudah kita sampaikan,” ucapnya.

Dikatakanya, sedikitnya ada 65 CJH asal kota Pagaralan yang sudah menyelesaikan dan melunasi angsuran haji dan mengalami pembatalan keberangakatan, dan 7 CJH cadangan . “Namun kita berharap CJH asal Kota Pagaralan dapat memahami kondisi ini, karena seperti yang kita ketahui bahwa Covid-19 sangat mudah penularanya pada kerumunan,” tutupnya. (Cg09)

Previous Perkara Perceraian Turun Hingga 70%
Next Bersatu Bersihkan Lingkungan Kantor