Belasan Tahun tak Punya Air Bersih


Foto : Pidi/Pagaralam Pos SOLUSI : Kepsek Sutarmono membuka tutup sumur galian yang berada di samping sekolahnya, kemarin. Sumur ini merupakan solusi bagi ketersediaan air bersih bagi sekolah itu.
Foto : Pidi/Pagaralam Pos
SOLUSI : Kepsek Sutarmono membuka tutup sumur galian yang berada di samping sekolahnya, kemarin. Sumur ini merupakan solusi bagi ketersediaan air bersih bagi sekolah itu.

PAGARALAM POS, Rebah Tinggi- Kesulitan air bersih rupanya juga dialami warga SD Negeri (SDN) 65 Pagaralam. Sekolah yang berada di simpang dusun Tanjung Pasai Kelurahan Rebah Tinggi Kecamatan Dempo Utara belasan tahun tak dialiri air bersih. Akibatnya, untuk keperluan kamar kecil misalnya, siswa setempat terpaksa ngangkut dari siring terdekat.

Kepala SDN 65 Pagaralam Sutarmono SPd, menyatakan, air bersih merupakan masalah menahun di sekolahnya. “Sekolah ini berdiri sekitar 1993. Nah, sampai sekarang air bersih tak ada,”ungkap Sutar, ketika dijumpai Pagaralam Pos, di ruang kerjanya, kemarin, (20/10).

Itu lanjut Sutar, menjadi kendala tersendiri bagi sekolahnya. Untuk keperluan ke kamar kecil misalnya dicontohkannya, siswa terpaksa mengangkut air bersih dari siring (sungai kecil). Siring ini disebutkannya berlokasi sekira 200 meter di belakang SDN 65. “Angkutnya pakai ember kecil. Dari siring dibawa ke sekolah,”tutur Kepsek yang berdomisili di dusun Bangun Rejo ini.

Karena dari siring, sebut Sutar, maka tingkat kebersihan air yang diangkut para siswa tersebut layak diragukan. Kendati, diakuinya, itulah satu-satunya solusi yang bisa dilakukan. “Air dari siring pasti kotor,”tuturnya.

Lain halnya yang dilakukan guru. Menurut Sutar, untuk keperluan ke kamar kecil, para guru meminta air bersih kepada warga di dekat sekolah. “Kalau itu untuk minum, ya ambil air dari sumur di sumur warga,”timpal Hasrul, guru senior di SDN 65. (11)

#baca berita selengkapnya….terbit 21 oktober 2016#

Previous Tunggakan PLN Capai Puluhan Miliar
Next Wajah Kota Kian Tertata Lebih Rapi