Bekerja Berlebihan Fatal Bagi Kesehatan


Belum lama ini berita mengejutkan tentang bekerja berlebihan yang berujung maut. Adalah Mita, seorang copywriter di Y&R. Dikutip dari Path Atri, minggu lalu ia bekerja tiga hari tiga malam tanpa beristirahat dan tidur, serta terlalu banyak minum minuman berenergi. Akibatnya, tubuh yang kelelahan itu tidak dapat bertahan lagi, Mita menghembuskan nafas terakhirnya dalam kondisi tubuh kelelahan bekerja.

Sebuah dedikasi yang patut diacungi jempol, namun sayang sekali kondisi tubuh tetap tak bisa menandingi dedikasinya. Berkaca dari kejadian diatas, ada baiknya setiap orang yang bekerja masih ingat istirahat, dan masih ingat kondisi tubuhnya. Berikut bahaya yang ditimbulkan jika aktifitas bekerja terlalu berlebihan.

Untuk itu, tidur adalah kebutuhan tubuh untuk memulihkan energi setelah dipakai seharian. Saat tidur, tubuh secara alami akan melakukan perbaikan atau regenerasi sel-sel dari dalam. Dalam tidur, tubuh memproduksi hormon kortisol, sehingga pada saat bangun, akan merasa lebih segar. Ada beberapa bahaya kurang tidur :

1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Bila kurang tidur, otomatis daya tahan tubuh melemah. Tubuh Anda akan mudah terserang virus yang ringan sekalipun, flu dan batuk misalnya. Sekalipun mengatur pola makan, tanpa diimbangi tidur yang berkualitas, daya tahan tubuh tidak akan prima.

2. Memicu Kegemukan dan Diabetes

Kebiasaan begadang dan kurang tidur mengakibatkan gula darah dan produksi leptin. Leptin adalah hormon yang berguna untuk menekan napsu makan. Inilah yang menyebabkan sering lapar pada saat begadang atau lapar di sepanjang siang.

Bila hal ini terjadi, tubuh akan menumpuk zat-zat tersebut dan mengacaukan tingkat gula darah, sehingga rentan terserang diabetes. Kegemukan juga merupakan efek samping dari pemilihan makanan tidak sehat akibat menurunnya hormon leptin.

3. Emosi Tidak Stabil dan Sulit Berpikir

Kurang tidur akan mengakibatkan depresi akibat kelelahan. Emosi menjadi tidak stabil dan konsentrasi menurun. Kesulitan untuk berpikir dalam memecahkan masalah, bahkan menjadi mudah pikun dan ceroboh akibat kurang tidur.

4. Menyebabkan Kematian

Walaupun terlihat biasa saja, kurang tidur tidak hanya sekedar berefek mengantuk di siang hari atau badan menjadi lemas. Kurang tidur akan menyebabkan disfungsi ratusan gen, memperparah kondisi kesehatan dan membuat tubuh melemahkan pertahanan pada kekebalan pada penyakit fatal.

Kurang waktu tidur yang menjadi tolak ukur banyak penelitian adalah tidur yang kurang dari 6 jam setiap hari. Produktivitas kerja sebaiknya tetap diimbangi dengan kesehatan. Ketika tubuh sehat dan cukup istirahat, akan lebih konsentrasi dan fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. (net)

Previous Efek Tidur Kenakan Bra
Next Cara Mudah Mengatasi Keram Perut