Bekali Alumni Sertifikasi Keahlian Kerja


Foto: Ist/Pagaralam Pos
KERJASAMA: Ketua STTP Asminah lakukan penandatangan MoU bersama Kepala Balai Besar Jasa Konstruksi Wilayah II dan Ketua LPJK Sumsel.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Sebagai ajang peningkatan kemampuan profesional para tenaga ahli di bidang konstruksi di Indonesia, terkhusus di Kota Pagaralam. Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam (STTP) menggelar kegiatan sertifikasi tenaga terampil, bagi para alumni Teknik Sipil (TS) STTP, Jum’at (9/10).

Pada kesempatan giat ini, tidak hanya diadakan giat sertifikasi tenaga terampil, tetapi pula dilaksanakan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara STTP bersama Balai Besar Jasa Konstruksi Wilayah II, serta melakukan MoU antara STTP dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Sumsel, yang dilakukan Ketua STTP Asminah MM MKom bersama Kepala Balai Besar Jasa Konstruksi Wilayah II dan Ketua LPJK Sumsel.

Ketua STTP Asminah MM MKom melalui Kaprodi Teknik Sipil Alharia Dinata MT ketika dibincangi mengatakan, pelaksanaan sertifikasi tenaga terampil, bagi para alumni Teknik Sipil (TS) STTP, ditujukan sebagai ajang peningkatan kemampuan profesional para tenaga ahli di bidang konstruksi di Indonesia, serta khususnya di Kota Pagaralam itu sendiri.

“Selain itu, ini juga dimaksudkan untuk membekali para alumni lulusan STTP, terlebih lagi Program Studi (Prodi) di TS, untuk tidak hanya sekedar menerima selembar ijazah saja, sebagai tanda bukti telah lulus, tetapi juga sertifikasi keahlian kerja, sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya,” serunya.

Untuk memperoleh sertifikasi ini, sebut Dinata, para alumni lulusan STTP Prodi TS, harus menjalani proses ujian yang dilakukan oleh LPJK, sekarang ini pelaksanaan ujian melalui online, karena masa pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Proses ujian dilakukan oleh Balai Besar Jasa Konstruksi Wilayah II. Makanya, kita telah mengadakan MoU bersama LPJK Sumsel dan Balai Besar Jasa Konstruksi Wilayah II, untuk memperoleh sertifikasi bagi para lulusan yang berminat. Dan kerjasama juga dapat dilakukan dibidang penelitian bagi Mahasiswa dan Dosen,” ungkapnya.

Diakui Dinata, respon dari para alumni lulusan STTP Prodi TS, dalam mengikuti giat sertifikasi ini, tentu sangat menyambut baik dan diikuti penuh antusias. Kedepan semua Mahasiswa yang lulus, harus mempunyai sertifikat keahlian, termasuk pula para alumni STTP Prodi TS, agar kiranya dapat mengikuti kegiatan sertifikasi ini.

“Karena persaingan di dunia kerja, yang semakin ketat dan membutuhkan orang-orang, yang memang berkompeten di bidangnya. Harapan kita dengan kegiatan ini, STTP dapat menciptakan para lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, serta memberikan kontribusi yang baik, khususnya di bidang konstruksi di Kota Pagaralam,” harapnya. (Cg09)

Previous Jadilah Guru Professional yang Memiliki Pengetahuan
Next Weekend Tugu Rimau Dipadati Pengunjung