Begini Solusi Pemkot, Atasi Permasalahan Air Bersih di Dempo Tengah


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PINTU AIR: Pelaksana kegiatan Ade Sumilar beserta warga Dusun Pelang Kenidai, meninjau langsung bangunan pintu air Bendungan Air Baku PDAM.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Permasahalan kesulitan memperoleh air bersih, yang kerapkali dialami masyarakat Pagaralam, terkhusus di wilayah Kecamatan Dempo Tengah saat musim kemarau tiba, kini secara perlahan mulai terjawab.




Melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Pusat digelontorkan senilai lebih kurang Rp4,2 M, untuk pengerjaan pembangunan Bendungan Air Baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pengerjaannya sudah mulai menunjukkan progres yang baik.




Ade Sumilar, pelaksana kegiatan Pembangunan Bedungan Air Baku PDAM mengatakan, jika pelaksanaan pengerjaan Bendungan Air Baku PDAM, dikerjakan PT Dwi Ponggo bersumber dari dana APBNP senilai Rp4,2 M, telah berlangsung 11 bulan, tetapi ada tambahan waktu 3 bulan. “Pertengahan bulan Februrari 2018 harus segera selesai, sehingga bisa cepat dilakukan serah terima pengerjaan,” ucapnya.




Mengenai panjang pipa dipasang, hingga sampai ke PDAM Instalasi Dempo tengah KAP. 20 L/DET, kata Ade, mencapai lebih kurang 10 kilometer, yang terbuat dari pipa Galpanis dan HDP, termasuk juga tiang penyangga pipa menggunakan besi 4 inch, yang mampu bertahan hingga bertahun-tahun tahan korosi dan karat.




Foto: Madhon/Pagaralam Pos




Dengan keberadaan bendungan Air Baku dibangun ini, sambung Ade, dirinya berharap banyak bisa membantu masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan air bersih di rumah. “Inshaa allah kebutuhan air bersih dapat dinikmati masyarakat, terutama berada di daerah Kelurahan Pelang Kenidai, Kelurahan Karang Dalo dan Kelurahan Padang Temu,” harapnya.




Refi Mustofa, warga Dusun Pelang Kenidai selaku penerima manfaat mengatakan, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, terkhusus lagi PDAM baik itu Provinsi maupun Kota.




“Atas nama mewakili masyarkat Dempo Tengah, mengucapkan terimakasih dan juga apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemkot Pagaralam, dengan dibangunnya Bendungan Air Baku PDAM, tentu ini sangatlah memperhatikan kebutuhan air bersih masyarakat,” pungkasnya.




Senada, diucapkan Surono (45), warga lainnya, sangat berterima kasih kepada Pemkot Pagaralam, yang telah melakukan pembangunan Bendungan Air Jernih di wilayah Dempo Tengah. “Masalah air bersih yang selama ini, kerap kami alami di kondisi kemarau, kini sudah mulai terjawab, mudah-mudahan pengoperasian air bersih bisa cepat terlaksana,” ungkapnya. (09)

Previous Bukan Sekedar Pamit, Ini Titipan Pesan Buk Ida Kepada Wartawan
Next Kantor BLK ‘Diserbu’ Ratusan Pemuda