BBI Miliki Stok 50 Ribu Bibit Ikan


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
BENIH IKAN: Petugas BBI Kota Pagaralam lakukan pemeliharaan benih ikan di kolam pembibitan sebagai bagian dari menjaga ketahanan pangan.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Balai Benih Ikan (BBI) dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam, melakukan tebar 4.000 benih ikan di lokasi Tebat Libagh Dusun Muara Tenang, Kelurahan Perahu Dipo dan Tebat Ayek Mate Puyung, Dusun Bandar, Kelurahan Kance Diwe, Kecamatan Dempo Selatan.

Penebaran benih ikan sendiri, bertujuan restocking atau penambahan bibit ikan perairan umum. “Bantuan bibit yang dilakukan, sebagai bentuk stimulan di giat restocking, dengan tujuan agar masyarakat bisa turut serta, dalam merawat dan menjaga keberadaan kondisi tebat. Dan ini seperti halnya di Tebat Muara Tenang, telah ditebar benih ikan berupa kraskab, mas dan nila,” ungkap Kepala UPTD BBI, Okta Novianto.

Dikatakan Okto, dalam menjaga fungsi tebat, tentu juga membutuhkan keaktifan dari warga. Sebab, penebaran benih ikan ini, merupakan giat restocking atau menambah stok ikan di lokasi tebat, dengan mengharapkan juga kepedulian masyarakat, untuk bisa menjaga kondisi dan melestarikan tebat adat.

“Untuk ketersedian bibit ikan di BBI sendiri, kalau sekarang ini ada sekitar 50 ribu bibit ikan, terdiri dari mas, mujahir, lele, kraskab dan lainnya. Hanya saja, yang bisa ditebar itu kan bibit ikan seperti mas dan nila, itupun ditebar di tebat masyarakat, kalau untuk disebar di Sungai tentu lain pula jenis ikannya,” ungkapnya. (Cg09)

Previous Terlantar, Dinsos Jemput Kakek Supriyono
Next Gencar Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19