Bawa Usulan Mendesak ke Kecamatan


Foto : Kelurahan Tanjung Agung for Pagaralam Pos MUSRENBANG: Suasana Musrenbang di kantor Kelurahan Tanjung Agung kemarin
Foto : Kelurahan Tanjung Agung for Pagaralam Pos
MUSRENBANG: Suasana Musrenbang di kantor Kelurahan Tanjung Agung kemarin

PAGARALAM POS, Tanjung Agung- Pembangunan berbagai infrastruktur fisik nampaknya merupakan hal yang paling diinginkan warga untuk direaliasikan. Itu terungkap salahsatunya dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Tanjung Agung. Dalam forum tahunan yang digelar kemarin (14/1) itu, usulan warga kebanyakan berupa pembangunan fisik.

“Kalau dilihat dari jenisnya, usulan berupa pembangunan fisik memang sangat mendominasi di forum Musrenbang tadi (kemarin),” ucap Lurah Tanjung Agung, Imiliano SE, ditemui Pagaralam Pos usai Musrenbang. Adapun usulan pembangunan fisik itu sangat banyak jenisnya. Dicontohkan Imiliano, berupa pembangunan irigasi sawah, saluran air, jalan, dan lainnya.

Usulan pembangunan infrastruktur fisik ini sendiri mengalahkan jumlah usulan di bidang lainnya. Seperti dengan bidang sosial dan ekonomi. Diakui Imiliano usulan di bidang ekonomi dan sosial memang ada, tapi tidak sebanyak yang mengusul pembangunan fisik. “Mungkin, karena itu yang paling diharapkan warga saat ini untuk dibangun,” lanjut Imiliano. “Tadi ada warga yang mengusulkan traktor. Itu juga kita tampung,” imbuhnya.

Skala Prioritas

Kendati mendominasi, Imilino belum bisa memastikan, bahwa usulan pembangunan infrastruktur itu akan terealisasi. Sebab, kata dia, usulan tersebut nantinya akan dilihat terlebih dahulu. Masuk skala prioritas atau tidak. “Kalau memang mendesak, tentu akan kita masukkan usulan itu untuk disampaikan ke dalam Musrenbang tingkat kecamatan nanti,” tuturnya.

Dijelaskan, usulan yang akan dibawa ke Musrenbang tingkat kecamatan nanti adalah sekumpulan yang dinilai masuk dalam skala prioritas atau yang mendesak. “Tapi, pada prinsipnya semua usulan warga tadi kita tampung dan dibawa ke Musrenbang tingkat kecamatan. Tapi yang akan kita bacakan adalah usulan yang masuk skala prioritas tadi,” imbuhnya.

Karena itu Imiliano berharap, agar warga dapat memahami proses tersebut. “Mudah-mudahan apa yang diusulkan warga itu akan terealisasi dengan baik,” harapnya.

Untuk diketahui, Musrenbang memang dimulai dari tingkat kelurahan/desa. Lalu dilanjutkan ke tingkat kecamatan hingga ke kabupaten/kota. Musrenbang akan berakhir di tingkat nasional. (11/CE-V)

Previous Didominasi Usulan Pembangunan Fisik
Next Bayar Pajak Tepat Waktu dapat Hadiah Motor