Baru Dibangun, Jalan Poros Banyak Longsor


Foto: Adi/Pagaralam Pos Tinjau: Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah saat melakukan Sidak, didampingi Kapolres Empat Lawang. Kondisi kerusakan jalan poros HM Noerdin Panji terlihat amblas.
Foto: Adi/Pagaralam Pos
Tinjau: Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah saat melakukan Sidak, didampingi Kapolres Empat Lawang. Kondisi kerusakan jalan poros HM Noerdin Panji terlihat amblas.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Jalan Poros HM Noerdin Panji yang longsor mendapat pantauan langsung Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah. Wajar jalan yang menghubungkan ibu kota kabupaten dengan kecamatan Pendopo itu tidak bisa dilalui lagi kendaraan, akibat banyak titik jalan longsor. “Ini sudah tidak bisa lagi tembus Pendopo, yang diketahui saja sudah ada tiga titik jalan longsor,” kata Syahril.

Selanjutnya dia berjanji secepatnya memanggil, dalam hal ini Dinas PU Bina Marga, untuk mendapatkan penjelasan lebih detail. Sehingga bisa diambil solusi penanganan kerusakan jalan. “Ini fatal, PU harus memberikan penjelasan dulu, apakah longsor akibat hujan atau memang karena ada pengerjaan teknis yang salah,” imbuhnya.

PU sebagai tim teknis. diminta melakukan evaluasi pembangunan jalan poros, jangan sampai jalan poros ini tidak bisa difungsikan seperti ini. “Apa masih tanggungjawab pihak rekanan atau harus dikeluarkan dana bencana membenarkan jalan,” jelasnya.

Lebih jauh Syahril menjelaskan, pembangunan jalan poros belum diiringi dengan pembangunan tembok penahan, sehingga jalan yang sebelumnya merupakan tanah timbunan menjadi longsor akibat hujan. Yang seperti inilah yang harus dievaluasi.

Pasalnya pembangunan jalan poros di tahun 2016, masih dianggarkan untuk menyelesaikan sepanjang 9 km jalan yang belum diaspal. Jangan sampai anggaran yang disiapkan menjadi sia-sia. “Jika tidak ada halangan, di tahun 2016 ini juga jalan ini rampung,” singgung dia.

Diketahui, bahwa pagi kemarin Plt Bupati, didampingi Kapolres, AKBP Rantau Sianur SIk melakukan inspeksi mendadak ke jalan poros. Di lapangan, pada lokasi menemukan banyak titik jalan longsor, sehingga berjanji secepatnya akan memanggil PU Bina Marga untuk mendapatkan penjelasan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, H Fauzi ST MSi, melalui Sekretaris, Yusron Fauzi, membenarkan bahwa kondisi jalan poros mengalami longsor. Pihaknya bersama kontraktor sudah turun ke lapangan, bahkan kontraktor siap memperbaiki, karena masih dalam tahap pemeliharaan. “Lokasi longsor merupakan tanah timbunan yang masih labil. Akibat cuaca ekstrim, sehingga bisa terjadi longsor,” ujarnya. (07/CE-V)

Previous Plt Bupati ‘Endus’ Ada Mafia Obat di RSUD
Next Cegah Aksi Teroris, Polisi Razia Kendaraan