BAPPEDA Fasilitasi OPD Berinovasi


Foto : Adi/Pagaralam Pos
SOSIALISASI: Peserta ketika mengikuti sosialisasi kebijakan Inovasi Daerah.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Dalam rangka melaksanakan fungsi penelitian dan pengembangan (Kelitbangan), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Empat Lawang, melakukan kegiatan fasilitasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melakukan Inovasi daerah.

Pelaksanaan inovasi daerah ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, bahwa Inovasi Daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Inovasi Daerah pada hakikatnya ditujukan untuk mendukung peningkatan kinerja Pemerintah Daerah dan Pelayanan Publik, secara optimal dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala BAPPEDA Empat Lawang, Yulius Sugiantara melalui Kabid PPEP dan Litbang, Yenie Nur Widiastuti mengatakan kegiatan ini telah dilaksanakan sejak awal tahun 2020 dengan mengundang pembina inovasi yaitu dari BPP Kemendagri, sebagai penilai Indeks Inovasi Daerah setiap tahunnya. “Dalam rangka memberikan pemahaman dan memotivasi OPD untuk melakukan Inovasi dalam pelayanan maupun tata kelola pemerintahan yang lebih efisien dan efektif, lebih lanjut disampaikannya, maka diadakan penilaian Lomba Inovasi Daerah tingkat OPD di Kabupaten Empat Lawang tahun 2020,” ungkapnya.

Lanjutnya, inovasi yang dilakukan adalah telah dilaksanakan oleh OPD selama satu hingga tiga tahun terakhir, dengan 21 indikator penilaian seperti dalam petunjuk BPP Kemendagri dalam penilaian Innovative Government Awards (IGA).

BAPPEDA Empat Lawang dalam melaksanakan kegiatan ini meminta bantuan tenaga ahli penilai lomba, bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumatera Selatan, sebagai penilai independent Lomba Inovasi Daerah tingkat OPD di Kabupaten Empat Lawang, dalam hal ini ditugaskan DR Drs Alamsyah MPd dengan riwayat pendidikan Program Doktor (S3) Ilmu Administrasi, Kekhususan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang.

Disampaikan Yenie, terdapat 14 OPD yang mengikuti Lomba Inovasi Daerah yang telah mengumpulkan kelengkapannya, namun disadari bahwa masih ada yang kurang lengkap dalam memenuhi indikator penilaian. Pemenang Lomba Inovasi tingkat OPD di Kabupaten Empat Lawang akan diumumkan dalam waktu dekat. “Kita berharap, ke depan seluruh OPD di Kabupaten Empat Lawang dapat terus meningkatkan inovasinya dalam melaksanakan pelayanan publik dan ikut berpartisipasi dalam lomba inovasi daerah ini yang otomatis akan menjadikan Kabupaten Empat Lawang masuk dalam kategori kabupaten terinovatif dan mampu berdaya saing dengan daerah lain,” ujarnya. (Ac07/CE-V)

Previous ‘Si Hijau’ 3 Kg Mulai Hilang
Next Ya Allah, Nolong Nian Pemerintah