Banyak Pendaki Dekati Alat Pemancar


Foto : Mulyadi/Pos Pengamatan Gunung Dempo
ALAT PENDETEKSI : Alat pendeteksi kegempaan Gunung Dempo di puncak sering didekati pendaki.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Berdasarkan rekaman alat seismograf, diketahui masih banyak pendaki beraktifitas di kawasan puncak Dempo. Untuk itu, disarankan para pendaki tidak mendekati kawah Dempo. Demikian imbauan disampaikan Petugas Pengamatan Gunung Api Dempo, Mulyadi, kemarin.




Disebutkan Mulyadi, rekaman sesimograf menunjukkan ada getaran hasil dari aktifitas manusia di dekat alat pemancar. Getaran yang dihasilkan ini, tentunya sangat berbeda dengan hasil rekaman jika terjadi nois atau angin kencang di puncak Dempo. “Tercatat hasil rekaman sejak tiga hari lalu, telah terjadi sebanyak 1 kali embusan dan 1 kali tektonik jauh, sedangkan status dempo masih level I Aktif Normal,” ungkapnya.




Kepada pendaki dan masyarakat, dirinya mengajak mari sama-sama menjaga alat pemancar kegempaan Gunung Api Dempo di puncak, demi menjaga keselamatan banyak masyarakat yang terdampak di kawasan sekitar Gunung Api Dempo, tidak hanya bagi masyarakat Kota Pagaralam, juga masyarakat di Empat Lawang dan Lahat.




Sementara itu, Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi SSos menyampaikan, meski status Gunun Api Dempo berada di level I aktif normal, namun diharapkan masyarakat, terutama pendaki tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap fenomena alam yang tiba-tiba muncul. (08)

 

Previous Penerimaan PPPK Belum Ada Petunjuk
Next Kepetangan, Sampah Tertinggal