Bangun IPAL Standar RS Tipe C


Foto: Edo/Pagaralam Pos RSUD Besemah Kota Pagaralam
Foto: Edo/Pagaralam Pos
RSUD Besemah Kota Pagaralam

PAGARALAM POS, Pagaralam – Untuk mengoptimalkan pengelolaan limbah medis, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam, merencanakan segera akan membangun instalasi pengelolaan limbah (IPAL), yang tujuannya agar limbah yang dibuang ke alam bebas tak mencemari lingkungan.

Direktur RSUD Besemah Kota Pagaralam Lili Ernani SE, MKes mengatakan, rencananya IPAL di rumah sakit akan kita bangun baru, paling tidak memenuhi standar rumah sakit Tipe C. “Saat ini, rumah sakit kita masih tipe D, untuk itu jika tak ada halangan di 2015 nanti IPAL untuk pengelolaan limbah medis akan kita tingkatkan, paling tidak sesuai pengelolaannya memenuhi standar rumah sakit tipe C,” ungkapnya, kemarin (10/4).

Disinggung kondisi IPAL yang ada saat ini, dikatakan Lili masih perlu untuk ditingkatkan lagi untuk mengoptimalkan proses pengelolaan limbah medis di rumah sakit, seiring dengan pelayanan yang ada. “Dibutuhkan anggaran yang tak sedikit untuk pembangunan IPAL di rumah sakit. Rencananya jika tidak dimungkinkan menggunakan APBD kota, akan kita usulkan ke pusat atau APBN melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Wacana ini sudah kita bicarakan dengan Ibu Wako dan masih dalam proses,” ungkapnya.

Ditambahkan Kabid Penunjang Ermiza SE, dirinya tak menampik, keberadaan IPAL yang ada sudah selayaknya untuk ditingkatkan lagi. Ini dilakukan agar lebih optimal lagi untuk pengelolaan limbah medis, seperti limbah cair dari sejumlah zal dan IGD. “Terkadang, limbah non cair juga masuk dalam saluran IPAL, baik itu di bak penampungan atau di bak filter (penyaringan, red),” jelasnya.

Selain membenahi IPAL, tak terlepas perlunya juga dilakukan sosialisasi kepada SDMnya. Baik itu, pegawai, petugas medis, petugas cleaning service. “Termasuk dari petugas dan staf yang ada di bagian Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit,” pungkasnya. (06/CE-V)

 

Previous Pleno KPU 19 April
Next Warga Resah Listrik Sering Padam