Baleho Caleg tak Senyum Lagi


Foto: Pidi/Pagaralam Pos TURUNKAN: Sejumlah petugas PolPP didampingi KPU dan Panwaslu, sweeping menurunkan APK Caleg.
Foto: Pidi/Pagaralam Pos
TURUNKAN: Sejumlah petugas PolPP didampingi KPU dan Panwaslu, sweeping menurunkan APK Caleg.

*Panwas-Pol PP Sweeping APK Caleg.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2014 sudah memasuki tahapan masa tenang. Namun keberadaan alat peraga kampanye (APK), seperti baleho maupun stiker Caleg sebagian masih saja terlihat di sejumlah titik di Kota nan sejuk ini, luput dari sweeping Panwaslu dan Pol PP.

Berdasarkan pantuan Pagaralam Pos, kemarin (6/4), sejumlah APK yang ditempel maupun spanduk, masih terlihat di sejumah titik wilayah Kota Pagaralam yang menjadi lokasi pemasangan.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam menegaskan, satu hari (H-1) sebelum pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg), seluruh alat peraga kampanye (APK) milik Partai Politik (Parpol) maupun Calon Anggota Legislatif (Caleg) harus sudah bersih.

“Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Sabtu (5/4) lalu, seluruh Parpol sepakat untuk membersihkan APK, mulai Minggu (6/4) mulai pukul 00.00 WIB. Rakor ini juga dihadiri Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Polres Pagaralam, Perwira Penghubung (Pabung),” tegas Ketua KPU Kota Pagaralam Hendri, didampingi Komisioner Divisi Hukum Yenli Elmanoferi dan Komisioner Divisi Teknis, Rahmat Qori Setiawan

Sebelumnya, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pagaralam Haidir Murni, didampingi Komisioner Divisi Pengawasan Sahlan menegaskan, pihaknya sudah mengedarkan surat imbuan kepada seluruh Parpol, yang ditembuskan kepada KPU. Adapun isi dari surat itu agar seluruh Parpol untuk menertibkan APK.

 

“Surat imbauan itu bersandar pada UU Nomor 8 Tahun 2012, tentang Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD. Kemudian bersandar pula pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 tahun 2013 tentang perubahan atas PKPU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye DPR, DPD dan DPRD tahun 2014,” paparnya.

 

Oleh karena itu, dirinya meminta, agar seluruh Parpol peserta Pemilu untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Jika tidak dipatuhi, tegas dia, maka Panwaslu dengan kewenangan yang dimilikinya akan mengeluarkan rekomendasi kepada KPU dan Pemkot beserta aparat kemananan untuk mencabut dan memindahkan APK itu.

 

Disamping itu, ditambahkan dia, ketentuan pidana juga telah diatur, khususnya di UU Nomor tahun 2012 pasal 276. “Jika ada yang melakukan kampanye di masa tenang di luar jadwal kampanye Pemilu yang ditetapkan KPU, maka akan dikenai sanksi kurungan dan denda,” pungkasnya.

Terpisah Kepala Kasat Pol PP dan Linmas Kota Pagaralam Bhakti N MSi mengatakan, mengingat memasuki masa tenang dan batas waktu pemasangan alat peraga sudah habis pada pukul 00.00 WIB Minggu (6/4), Pol PP Kota Pagaralam dilandasi sekaligus merujuk pada peraturan KPU, tidak akan tebang pilih menurunkan alat peraga kampanye, baik itu baleho maupun stiker Caleg yang masih saja terpasang di sejumlah titik lokasi.

“Dimulai dengan kemarin (6/4) sejumlah petugas Pol PP didampingi KPU dan Panwaslu telah diterjunkan mensweeping alat peraga kampanye, dilanjutkan Senin (7/4) bersama tim terpadu kembali akan membersihkan kota Pagaralam dari berbagai bentuk alat peraga kampanye, dan tentunya beharap, pesta demokrasi pemilu 2014 berjalan kondusif lancar dan sukses,” tegasnya. (11/CE-V)

 

Previous Seleksi Siswa Jelang Lomba PHLHS
Next Tata Cara Memilih Harus Dipahami