Baleho Caleg Dikeluhkan Warga


Foto: Adi/Pagaralam Pos Baliho: Salahsatu baliho Caleg Partai yang terpasang di papan reklame Pemerintah.
Foto: Adi/Pagaralam Pos
Baliho: Salahsatu baliho Caleg Partai yang terpasang di papan reklame Pemerintah.

EMPAT LAWANG – Masyarakat Kecamatan Muara Pinang risih, dengan ketidaktegasan aparat Pemerintah Kabupaten Empat Lawang dan penyelenggara Pemilu Legislatif 2014 terhadap Caleg yang memasang alat peraga kampanye di papan reklame Pemerintah.

Dikatakan Joni warga setempat, alat peraga kampanye salah seorang calon dipasang di papan reklame yang sebelumnya dipakai untuk imbauan dari Bupati Empat Lawang, H. Budi Antoni Aljufri. “Nah, yang kita pertanyakan, apakah mereka itu sudah izin dengan pihak terkait,” ucap Joni kemarin.

Sambung Joni, bila belum ada izin dengan pihak terkait, perbuatan tersebut termasuk melecehkan Bupati Empat Lawang, sebab sembarang cabut baliho yang dipasang Pemerintah Kabupaten Empat Lawang. Joni berharap Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, yakni Sat Pol PP untuk mencabut kembali baliho yang dipasang tanpa izin tersebut.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Zawani mengungkapkan, pemasangan baliho di papan reklame Pemerintah atau membuat reklame sendiri tidak jadi masalah, selagi sudah izin di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Empat Lawang. “Ya, semestinya izin dulu dengan KPPT. Tanpa izin, mereka tak boleh pasang,” kata Zawani.

Kenapa mesti izin, karena apabila sudah dipasang di papan reklame tersebut sudah dikenakan pajak reklame yang masuk ke APBD. Zawani mengungkapkan, yang tidak diperbolehkan yakni memasang baliho di depan Kantor Camat, Rumah Sakit, lembaga pendidikan dan di jalan-jalan utama. “Kita sudah susun draf zona kampanyenya kemarin,” ungkap Zawani.

Terpisah, Kepala KPPT Taufik, malah berbeda pendapat dengan Ketua Panwaslu, menurutnya memasang baliho di papan reklame tidak dikenakan pajak reklame, mengingat tidak ada nilai ekonomisnya. “Gak ada nilai ekonomisnya dan sekarang juga masih tahap sosialisasi,” kata Taufik. (07/CE-V)

Previous Mobdin Bakal “Berlabel” Resmi
Next Pancaroba, Ispa Menghantui