Audit Dana Kampanye, KAP: Semua Parpol Patuh


Foto: Dok.KPU untuk Pagaralampos.com
IKUTI KETENTUAN : Kabag Hukum KPU Kota Pagaralam Handika Nawi saat menyerahkan hasil audit dana kampanye kepada perwakilan Parpol, Ahad lalu (2/6).

PAGARALAMPOS.COM, Pagaralam– Kantor Akuntan Publik (KAP) telah merampungkan audit terhadap terhadap laporan dana kampanye partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 di Pagaralam. Hasilnya, KAP menyatakan laporan dana kampanye Parpol di Pagaralam mematuhi ketentuan.




Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Hukum Hendri SE menuturkan, hasil audit dana kampanye Parpol peserta Pemilu 2019 awalnya disampaikan KAP ke KPU Provinsi Sumatera Selatan. KPU Sumsel, lanjut Hendri, meneruskan hasil audit ini kepada KPU Kota Pagaralam. Pada Ahad lalu (2/6), KPU Kota Pagaralam menyerahkan hasil audit ini kepada Parpol.




“Sesuai ketentuan PKPU, hasil audit itu harus kami sampaikan kepada Parpol paling lambat tujuh hari setelah diterima dari KAP,”ujar Hendri SE, saat dihubungi Pagaralampos.com, Senin malam (3/6).




Berdasarkan hasil audit dari KAP itu kata Hendri lagi, diketahui bahwa laporan dana kampanye yang disampaikan seluruh Parpol ke KPU dulu, dinyatakan patuh. Tidak ada yang melanggar ketentuan dari PKPU.




Adapun dana yang diaudit ini sendiri, Hendri menambahkan, mencakup laporan awal dana kampanye (LADK), laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK). “Tiga laporan ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya,”sebut Hendri.




Laporan dana kampanye memang wajib disampaikan Parpol kepada KPU yang kemudian diaudit oleh KAP. Bila tidak, maka Parpol akan terkena sanksi yang cukup berat. (11)

Previous Ayek Garaman Dibubus, Per KK 'Dijatah' 2 Kg
Next Hasil Cek Pasar, Wako Temukan Hati Sapi Mengandung Cacing