ASN Dibekali Workshop Manajemen Risiko


Foto: gusti/Pagaralam Pos
RiSIKO: Auditor Inspektorat menyampaikan materi pada workshop penyusunan manajemen resiko, kemarin (21/2).

PAGARALAM POS, Pagaralam – Guna menunjang kinerja serta kapabilitas Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), kemarin (20/2) bertempat di Aula Rapat Kantor Inspektorat Kota Pagaralam digelar workshop penyusunan manajemen resiko.




Plt Inspektur Inspektorat Kota Pagaralam, Yapani Rahim, melalui Inspektur Pembantu (Irban) I, RA Ika Suryani SE sekaligus membuka workshop mengatakan, peserta adalah ASN bagian perencanaan dan perwakilan pelaksana Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di OPD/SKPD yang ada di lingkungan Pemkot Pagaralam.




“Dengan adanya workshop ini, mereka (ASN, red) mampu menganalisis risiko di tingkat program, sehingga berdampak pada peningkatan kinerja masing-masing OPD. Selain itu untuk meningkatkan Kapabilitas APIP di Level 3,” ujarnya.




Ditambahkan Ketua Tim Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP, Irawan SH mengatakan, workshop ini bersasar empat point diantaranya, menciptakan efektifitas dan efisiensi di OPD, laporan keuangan yang handal, pengamanan asset atau barang milik daerah, dan menciptakan apartur taat aturan.




“Kita harapkan, dengan adanya workshop ini bisa membantu organisasi dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki lebih efektik dan efisien. Membantu pengambilan  keputusan untuk penanganan resiko, serta bisa meminimalisasi resiko yang akan menghambat pencapaian tujuan organisasi,” beber auditor muda Inspektorat Kota Pagaralam ini.




Juga kegiatan ini sebagai bentuk penguatan sistim pengendali intern pemerintah dan kapasitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)di SKPD hingga ditingkat kecamatan. Pembekalan ini menindaklanjuti surat BPKP Perwakilan Sumsel No S-357/PW07/6/2019 dalam rangka percepatan level 3 kapabilitas APIP.




“Pada workshop ini, peserta dilatih penyusunan manajemen resiko mulai dari penetapan tujuan, identifikasi resiko, analisis, evaluasi serta bagaimana penanganan serta langkah-langkah dalam pengendalian resiko, hingga bisa disosialisasikan hasil manajemen resiko ini, kepada seluruh pegawai di lingkungan OPD SKPD masing masing,” pungkasnya seraya mengatakan, adapun pemateri dari auditor Inspektorat Kota Pagaralam. (06)

Previous Siap Backup Pembangunan, GOR Pagaralam Segera Terwujud
Next Tertangkap Hendak Tawuran, 21 Pelajar ‘Digunduli’ Polwan