Arab Saudi Stop Jama’ah Umrah


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan, untuk sementara menangguhkan masuknya wisatawan ke Negaranya, baik untuk tujuan umrah atau kunjungan wisata, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

Mengacu siaran pers Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Pagaralam pun turut mendukung kebijakan tersebut, yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Kebijakan yang diambil itu tentu dengan mempertimbangkan kepentingan umat yang lebih besar.

“Kita di daerah ini, siap mengikuti dan menjalankan intruksi, yang diperintahkan oleh Kementerian Agama. Tugas kita menenangkan jama’ah, serta memberikan pemahaman dan pengertian,” ujar Kepala Kankemenag Kota Pagaralam H Win Hartan SAg MPdI melalui Kepala Seksi (Kasi) Penyelanggara Haji dan Umroh Silahuddin SAg MPdI.

Mengenai kebijakan penangguhan umrah yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi itu, sambung Silahuddin, khususnya di Kota Pagaralam belum ada travel umrah yang melapor, akan memberangkatkan jama’ah dari Pagaralam ke Mekkah. “Ya, belum ada travel umrah yang lapor, baik itu sedang atau akan berangkat. Jadi kita belum ada pantauan,” serunya.

Lebih jauh diterangkan Silahuddin, pihaknya meminta para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), untuk sementara tidak memberangkatkan jama’ah umrah ke Bandara, sampai dengan dibukanya kembali izin berkunjung ke Arab Saudi.

Jika ada jama’ah yang saat ini, sudah terlanjur berada di Bandara keberangkatan, PPIU diminta tidak memaksakan keberangkatan dan memfasilitasi kepulangan mereka ke daerahnya masing-masing.

Selain itu, tambah Silahuddin, kepada agen travel umrah dan para jama’ah, yang ingin berangkat umrah, agar calon jama’ah umrah, dapat memahami kebijakan Pemerintah Arab Saudi dan sikap Pemerintah, demi kebaikan jama’ah itu sendiri. “Kami mengimbau agar calon jemaah umrah dapat memahami kebijakan Saudi dan sikap Pemerintah, demi kebaikan jemaah itu sendiri,” tandasnya. (Cg09)

Previous Pekan Panutan, Bangkitkan Semangat Membayar Pajak
Next Komisi II DPRD Pagaralam Apresiasi Kinerja Dinas Pariwisata