Angkat Promosi Budaya Daerah, Motif Ukiran Besemah Unik dan Satu-satunya


PAGARALAM POS, Pagaralam – Selain mengembangkan situs cagar budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam (Disdikbud) Kota Pagaralam juga akan fokus mengangkat serta mempromosikan budaya daerah menjadi budaya Nasional.




“Salahsatu caranya, mengenalkan lagi berbagai jenis ukiran di rumah baghi (rumah tatahan, red) yang akan dituangkan dalam berbagai media, seperti pakaian batik,” ujar Kadisdikbud Kota Pagaralam, Drs Marjohan Derah MPd melalui Kabid Kebudayaan, Ali Akbar didampingi staff Arkeologi, Ronal dan Staff Antropologi, Refdinal.




Dia juga menyebutkan, jika motif ukiran di Rumah Baghi, merupakan satu-satunya motif ukiran tidak ditemukan di daerah lain, hanya di Kota Pagaralam. Karenanya, keunikan inilah akan secepatnya dipromosikan. “Bahkan akan kita rencanakan untuk disertifikasikan,” lanjutnya.




Mewujudkan hal tersebut kata Ali Akbar, melalui IKU (Indikator Kerja Utama). Tidak terlepas dari upaya itu, perlu proses yang harus dilalui, seperti survey dan penelitian, dokumentasi, publikasi serta Surat Keterangan Cagar Budaya melalui Walikota Pagaralam. (06)

Previous Penghasilan Tak Memadai, Hartini Sulit Penuhi Kebutuhan
Next Jaga Kamtibmas, Serukan Petugas Jalankan Tufoksi Secara Baik