Amankan 13 Pembalak dan Ratusan Kubik Kayu


Foto: jpnn Illegal Logging: Para tersangka beserta barang bukti mesin chainsaw diamankan di Mapolres Muba.
Foto: jpnn
Illegal Logging: Para tersangka beserta barang bukti mesin chainsaw diamankan di Mapolres Muba.

PAGARALAM POS, Muba – Aksi pembalakan dan pembakaran hutan di Kecamatan Bayung Lencir, Muba kian parah. Bahkan kawasan hutan lindung dan konservasi di bumi serasan sekate kian terancam eksistensinya, seperti terungkap dalam operasi yang dilakukan tim gabungan dari Satgas TNI dari Yonif 141/AYJP, Kodim 0401 Muba, Polres Muba dan tim dari perusahaan, Selasa (8/3) sore lalu.

Tim menangkap 13 orang pelaku pembalakan liar di kawasan hutan konservasi Kepayang Suak Buring, Desa Kepayang, Kecamatan Bayung Lencir, Muba. Mereka masing-masing Nasrun (30), Dulman (45), Rambang (20), Ryan (29), Adan (23), Juli (18), Jaya (30), Aliman (50), Kodar (35), Toni (30), Fendi (41) dan Yuk (40) kesemuanya warga Tulung Selapan, Kabupaten OKI.

Selain mengamankan mereka, petugas juga menyita barang bukti kayu hasil illegal logging jenis meranti, tembesu dan lainnya sekitar 483 log, 5 unit chainsaw (gergaji kayu), 1 martil dan parang. Para pelaku dan barang bukti, kemudian diserahkan ke Mapolsek Bayung Lencir guna diproses.

Bagaimana terungkap kasusnya? Dandim 0401 Muba, Letkol Inf Ignatius Wiwoho menjelaskan, penangkapan pelaku berawal dari adanya temuan firespot di lokasi oleh petugas. Setelah dilakukan pengecekan udara, tim darat kemudian melakuka penyergapan, ternyata di lokasi ditemukan pelaku yang tengah melakukan illegal logging, mereka memiliki dua kamp berdekatan.

Diduga aksi illegal logging merupakan salahsatu sumber pemicu Karhutla. “Seperti kebanyakan, abis ditebang kayunya lahannya kemudian akhirnya digarap. Terus terang untuk memantau illegal logging sangat sulit karena luasnya wilayah, tapi kebanyakan terungkap karena adanya asap, pelaku juga rata-rata abis membalak membakar lahannya,” tandasnya.

Kapolres Muba, AKBP M Ridwan SIK mengakui, penangkapan puluhan pelaku illegal logging itu adalah hasil penyelidikan yang ada, Diketahui pelaku itu kebanyakan warga dari Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pelaku dibiayai oleh cukong mister Y, dalam melakukan pembalakan liar yang ada. “Kita pun akan kejar cukong ini,” kata Mantan Kapolres Muba itu. Pihaknya masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan para pelaku yang ada.

Ini dilakukan, mengetahui siapa saja yang terlibat atas kasus illegal logging di Bumi Serasan Sekate itu. “Bila terbukti ikut serta dalam illegal logging, akan ditangkap dan dipidanakan,” tegasnya. Kasat Reskrim Polres Muba, AKP N Edyanto Sik SH menambahkan, pihaknya akan mengejar cukong mister Y itu. “Kita pun telah mengetahui keberadaan cukong ini di salahsatu kota yang ada,” ucapnya. (Kur/Yud/jpnn/CE-V)

Previous Polio Belum Ada Obatnya
Next ABG Cantik Berkaki Super Panjang, Dunia Dibuat Terpana