Alat Kesenian Minim


PAGARALAM POS, Pagaralam – Kesenian di Kota Pagaralam sangat unik dan menarik. Namun sangat disayangkan, alat kesenian minim. Mirisnya lagi, ketika akan dilaksanakan suatu pementasan harus meminjam terlebih dahulu kepada sanggar seni.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pagaralam, Samsul Bahri Burlian mengakui, untuk Pemkot Pagaralam tidak ada sama sekali alat kesenian. Ketika ada kegiatan meminjam terlebih dahulu. “Kita akui, untuk alat kesenian khas Besemah tidak ada. Ketika ada acara kita harus pontang panting meminjam alat kesenian. Jika alat dipakai, maka kita akan kewalahan,” ungkapnya.

Adapun alat kesenian khas Besemah, disebutkan Samsul, seperti kenong, gong, akordion dan lainnya. Kedepan pihaknya berencana memesan alat kesenian tersebut. Tentunya untuk mengadakan alat kesenian membutuhkan dana tidak sedikit dan diharapkan ada dukungan pihak terkait, dalam hal ini DPRD Kota Pagaralam untuk mendukung ketika pihaknya mengusulkan. “Nantinya jika alat ini ada, maka akan kita bentuk suatu sanggar khusus. Dengan begitu, setiap sanggar di Kota Pagaralam bisa latihan dan memanfaatkan alat tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Pagaralam, Novirzah Djazuli SE menuturkan, pihaknya berharap agar kesenian asli Kota Pagaralam tetap lestari. Kemudian kepada sanggar kesenian, untuk lebih aktif menciptakan tari-tarian baru. (06/CE-V)

Previous Pembebasan Lahan Dinilai Masih Rumit
Next Warga Manfaatkan Air Kali