Akses Jalan Putus Segera Diperbaiki


Foto : Adi/Pagaralam Pos
TINJAU : Wabup Empat Lawang, ketika meninjau lokasi jalan putus di Desa Talang Padang

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana ST, pastikan akses jalan putus tepatnya di Desa Talang Padang Kecamatan Pasma Air Keruh segera di perbaiki, hal ini disampaikannya saat meninjau lokasi jalan putus, kemarin.

Menurut Yulius, akses jalan akan di alihkan ke lokasi samping karena masih ada lahan yang bisa dimanfaatkan untuk jalan. Dan pihaknya sudah bertemu pemilik lahan serta bersyukur sudah menyetujui peralihan penggunaan jalan yang dimaksud. Dan dipastikan dalam waktu dekat, pihaknya melalui Dinas PUPR akan menghitung dan mengukur sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu lanjut Yulius, untuk perbaikan permanenpun akan di alokasi dana secara cepat, sehingga akses jalan dapat kembali pulih seperti sebelumnya. “Insya Allah secepatnya kita perbaiki, dalam waktu dekat ini juga kita kerjakan jalan alternatif agar warga dapat melintas dengan lancar,” kata Yulius.

Diketahui sebelumnya bahwa, satu Desa di Kabupaten Empat Lawang, tepatnya Desa Talang Padang Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), terisolir akibat jalan putus tergerus luapan Sungai Keruh, di salah satu sisi jalan itu, Minggu (21/6).

Saat ini, Pemerintah Kecamatan setempat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, sedang berupaya membuka kembali akses menuju Desa tersebut.
Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, tergerusnya jalan hingga memutuskan akses satu-satunya menuju Desa tersebut, akibat meluapnya Sungai Keruh di sisi jalan, karena tingginya curah hujan yang terjadi sejak Sabtu (20/6) malam sekitar jam 18.00 WIB hingga Minggu (21/6) dini hari sekitar jam 01.00 WIB. Karena terjadi luapan air yang besar, menghantam sisi badan jalan hingga akhirnya, jalan amblas memutuskan badan jalan sepanjang sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 3 meter.

Sementara itu, Camat Paiker Kabupaten Empat Lawang, Noperman Subhi saat dihubungi via ponsel mengatakan, ada sekitar 70 meter jalan aspal akses dari Dusun Pulau Tengah Desa Bandar Agung, menuju Desa Talang Padang dalam wilayah Kecamatannya yang putus, akibat tergerus luapan Sungai Keruh. “Kalau dikatakan Desa Talang Padang itu terisolis, ya setengah terisolir. Karena kendaraan roda empat tidak bisa lewat. Kalau motor masih bisa,” ungkap Camat.

Dikatakannya, sebenarnya ada jalan alternatif yang bisa digunakan untuk menuju Desa Talang Padang Paiker, pasca putusnya jalan itu. Namun kondisinya memutar jauh dan jalan juga sudah ditumbuhi semak meski pernah dilakukan tahapan pengerasan badan jalan. “Orang sini (Paiker, red) menyebutnya jalan BK1, BK2, BK3 hingga BK5, masuknya dari Dusun Pulau Tengah Bandar Agung. Lebih jauh memutar dan kondisi jalan juga sudah ditumbuhi semak,” jelasnya.

Salah seorang warga setempat, Adi Warsito mengatakan, jalan tersebut menjadi penghubung Dusun Pulau Tengah Desa Bandar Agung, menuju Desa Talang Padang dalam wilayah Kecamatan Paiker. “Tidak ada jalan alternatif bagi warga Desa Talang Padang Kecamatan Paiker untuk ke luar Desa. Karena itu satu-satunya akses,” ucap Adi Warsito. (Ac07)

Previous Warga Bakal Portal Akses Jalan PT LPPBJ
Next Bantah Adanya Pemotongan Dana BOP