Akhir Juli, DAK Sekolah Dilaksanakan


Foto : net/ilustrasi DIREALISASIKAN : Direncanakan akhir Juli tahun ini pembangunan fisik dan non fisik bidang pendidikan, akan direalisasikan

PAGARALAM POS, Pagaralam – Diperkirakan akhir Juli tahun ini pembangunan fisik dan non fisik bidang pendidikan, direncanakan akan direalisasikan. Pembangunan ini melalui suntikan Dana Alokasi Khusus (DAK), ditujukan kepada puluhan sekolah. Hanya saja, di tahun ini difokuskan untuk peningkatan serta pengembangan sarana TIK sekolah.
“Difokuskan untuk pengembangan sarana TIK sekolah, juga peningkatan infrastrukur bangunan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam, H Cholmin SPd MPd melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Jemiyo Siswanto SPd MPd beberapa waktu lalu.
Saat ini sebut Jemiyo, ada beberapa sekolah dalam proses melengkapi kontrak. Untuk pengembangan TIK sangat penting. Hal ini lantaran masih banyak fasilitas komputer sekolah kondisinya kurang. “Belum lagi, pengalaman tahun-tahun lalu untuk menggelar UNBK, ujian nasional berbasis komputer justru menumpang,” katanya.
Pengadaan komputer melalui suntikan dana ini sebanyak 31 SD, sedangkan tingkat SMP ada 13 sekolah. Untuk pembangunan fisik, meliputi 21 SD dengan pagu anggaran sebesar Rp2,9 miliar. Sedangkan tingkat SMP ada 9 sekolah, dengan menyedot anggaran mencapai Rp5 miliar.
“Meliputi rehab dan pembangunan sarana belajar. Diantaranya, pembangunan ruang kelas, lab MIPA dan komputer, toilet, serta perpustakaan. Adanya dana DAK ini diharapkan Kota Pagaralam bisa mengejar ketinggalan untuk memacu pembangunan di sektor pendidikan agar lebih maju,” harapnya (Atg06/CE-V)

Previous Kolam Serame Disiapkan Bibit Ikan Gratis
Next Golkar Beri Sinyal Usung Syarif Surian