Akan Bangun Jalan Inspeksi dan Jalur Evakuasi


PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, melibatkan pihak konsultan melakukan survei lapangan yang rencananya akan membangun jalan inspeksi dan jalur evakuasi menuju puncak Dempo.

Walikota Pagaralam dr. Hj. Ida Fitriati Mkes mengungkapkan, ide dibangunnya jalan inspeksi dan jalur evakuasi untuk mempermudah pengawasan hutan oleh petugas kehutanan sekaligus digunakan bagi petugas Pos Pemantau Gunung Api Dempo dalam mengawasi kegempaan, maupun kondisi kekinian kawah Gunung Dempo, termasuk mempermudah dalam pemeliharaan alat kegempaan.

Jalan inspeksi dan jalur evakuasi yang akan dibangun, nantinya kjelas Ida akan sangat banyak manfaatnya. Diantaranya percepatan evakuasi, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan bagi pengunjung maupun pendaki. “Jika dilihat dari ketinggian Gunung Dempo mencapai 3.159 mdpl (meter di atas pemukaan laut), untuk tahap awal ini jalan inspeksi dan jalur evakuasi bakal dibangun sepanjang 1,5 kilometer dan diharapkan dapat sampai hingga menuju puncak,” harapnya.

Sementara, ditambahkan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Pagaralam Mastullah, kedepan baru akan dianggarkan pembangunan jalan inspeksi dan jalur evakuasi sebesar Rp.7 miliar, persiapan untuk perintisan, DED hingga perizinan dengan nilai estimasi anggaran yang akan digunakan seluruhnya mencapai Rp.300 miliar. (08/CE-V)

Previous Budaya Gotong Royong Dinilai Hilang
Next Lima Parpol Raih 3 Kursi