Ajak Masyarakat Gunakan MKPJ


Foto : vilkodri/Pagaralam Pos
BINA MASYARAKAT : DPPKB Muratara melakukan pembinaan dan mengajak masyarakat menggunakan Mekanisme Kontrasepsi Jangka Panjang

PAGARALAM POS, Muratara – Guna meningkatkan ketahanan keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terus melakukan pembinaan dan mengajak masyarakat menggunakan Mekanisme Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Sesuai dengan Tribina Kampung KB yang dalam tugasnya melakukan pembinaan keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia. Selama ini masih banyak ibu-ibu yang belum mengetahui kebutuhan balitanya, remaja yang terjerumus dalam hal negatif, dan lansia yang terabaikan.



Program Kampung KB tujuannya dikatakan Sekretaris Dasril untuk melakukan pembinaan ibu yang miliki balita untuk diterapkan kepada balitanya, khususnya dalam melatih kecerdasan dan tumbuh kembang anak, dan untuk bina keluarga remaja agar tidak terjumus kedalam pergaulan bebas serta hal-hal negatif.

Dijelaskannya program DPPKB sendiri tidak hanya berkaitan dengan kegiatan pengaturan jarak kelahiran, tetapi terkait juga dengan penundaan usia perkawinan (pernikahan dini) dan peningkatan ketahanan keluarga. Khusus ketahanan keluarga harus diberikan pembinaan, tujuannya untuk keutuhan keluarga agar terhindar dari perceraian dan sebagainya. “Program itu semua untuk menuju keluarga yang kecil bahagia dan sejahtera, jadi di tahun 2020 ini juga kita akan terus mensosialisasikan terkait penggunaan KB menuju Metoda Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), seperti Implan, IUD, MOW dan MOP yang memiliki waktu jangka panjang dengan risiko kegagalan lebih kecil,” ucapnya. (Vil23)

Previous Waspada, Tiga Fasien Terserang DBD
Next Pasien DBD Membludak