Ajak Jaksa Jaga Wibawa dan Kehormatan Penegak Hukum


Foto : Adi/Pagaralam Pos
APEL : Kegiatan apel peringatan HUT ke-26 PJI di lingkungan Kejari Empat Lawang, kemarin.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, menggelar apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 Persatuan Jaksa Indonesia (PJI). Apel tersebut digelar di halaman Kantor Kejari Empat Lawang, kemarin.




Pada apel tersebut, Kepala Kejari (Kajari) Empat Lawang, Ronaldwin SH MH yang diwakili Kasubagbin Kejari Empat Lawang, Hendra Catur Putra SH bertindak sebagai pembina apel. Apel ini sendiri diikuti seluruh jajaran Kejari Empat Lawang, dari Kasi, Kabag, Staf hingga pegawai di lingkungan instansi penegak hukum tersebut.




“Patut disyukuri pula bahwa memasuki usia yang ke-26, sebagai sebuah organisasi profesi wadah pengabdian para Jaksa, alhamdulillah tidak sedikit rasanya PJI telah melakukan berbagai upaya yang ditorehkan para anggotanya, mengukir rekam jejak dan prestasi keberhasilan atas ditegakkannya hukum di tanah air tercinta,” ungkap Hendra Catur Putra saat membacakan amanat tertulis Kepala Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kajagung RI), HM Prasetiyo dalam apel tersebut.




Karena lanjut dia, sebagai sebuah organisasi profesi yang menjadi wadah berkumpulnya seluruh Jaksa pada hakekatnya juga merupakan ladang untuk memupuk dan memperkuat serta menyuburkan jiwa korsa yang sangat diperlukan bagi terciptanya semangat bersama membangun soliditas, menjaga integritas dan kesadaran menebar kebaikan.




“Oleh sebab itulah PJI akan selalu dibutuhkan kehadirannya sebagai penyangga jati diri setiap insan Adhiyaksa bahwa seorang penegak hukum, walau ditengah kehidupan kesehariannyapun di tengah masyarakat dituntut harus mampu memberi contoh dan tauladan yang baik bagi lingkungannya,” sampainya.




Lebih lanjut disampaikannya, HUT PJI tahun 2019 yang kali ini mengangkat tema “Kokohkan Soliditas Untuk Pelayanan Terbaik Bagi Negeri”, cukup relevan dengan kehendak mendorong semangat dan kesadaran untuk mempersembahkan karya terbaik terutama dalam mewujudkan supremasi hukum guna mendukung kemajuan bangsa, yang untuk itu mutlak dibutuhkan kesamaan pola, tempo dan irama, baik pada tataran konsep dan cara dalam berpikir, bersikap maupun pada tahapan praktek pelaksanaan semua program serta kebijakan yang telah digariskan dan diputuskan.




“Karena hanya dengan bekal keterpaduan dan keharmonisan dalam sebuah jalinan yang kuat itulah penegakan hukum yang memancarkan sinar keadilan yang berkepastian dan memberikan manfaat bagi masyarakat yang mendambakannya tidak lagi hanya akan tinggal dalam angan dan impian, namun benar-benar akan mampu dihadirkan menjadi sebuah kenyataan,” urainya.




Mengakhiri amanat ini, kembali Hendra Catur Putra menyampaikan pesan Kajagung RI, yang meletakkan harapan besar kepada segenap anggota PJI, agar dalam mengemban tugas, fungsi dan kapasitasnya masing-masing selalu dapat menampilkan dan membuktikan diri sebagai Insan Adhyaksa yang baik, teruji, terpuji, dan mumpuni, yang mampu membuat Lembaga Kejaksaan RI menjadi sebuah institusi Penegak Hukum yang berwibawa, dihargai, diperhitungkan, dihormati dan dicintai, sebagai modal utama guna dapat meningkatkan kontribusi, andil dan peran dalam setiap upaya membangun negeri. “Semoga pula Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan iman, rahmat, dan ridha-Nya bagi perjuangan kita semua mewujudkan Korps Adhyaksa dan Kejaksaan RI yang lebih baik dan lebih sempurna saat ini, selalu dan sepanjang masa. Amin,” tutupnya. (07)

Previous Bandit Pecah Kaca Kembali Beraksi
Next Dikira “Ketubean”, Sungai Musi Diserbu Warga