Air Bersih Terbuang Percuma


PAGARALAM POS, Agung Lawangan – Proyek air bersih di dusun Kerinjing, kelurahan Agung Lawangan, kecamatan Dempo Utara, disoroti warga setempat. Warga menilai proyek itu hanya setengah hati. Tak ada bak penampung, membuat air bersih dari kaki bukit itu terbuang percuma.




Ketua RW dusun Kerinjing, Tedi, mengatakan, proyek air bersih di dusunnya dimulai pada 2016. Diakuinya, proyek itu memang berjalan, namun hanya setengah hati. “Pipa memang sudah terpasang sampai ke dusun. Tapi, bak penampungnya tak ada,” ujar Tedi, kepada Pagaralam Pos, di dusun Kerinjing Rabu lalu (17/5).




Pipa itu memiliki panjang sekira 5 kilometer. Fungsinya adalah mengalirkan air dari sebuah sumber ke pemukiman dusun Kerinjing. Air memang mengalir deras melalui pipa dan sampai ke dusun Kerinjing. Tapi, sebagaimana diungkapkan Tedi, air itu terbuang lantaran tak ditampung di dalam bak. “Padahal janjinya dibikin bak,” ucap Tedi. Air bersih itu masuk ke dalam drainase. “Terbuang begitu saja. Padahal, kami sangat butuh air itu,” katanya lagi.




Untuk membuktikan ucapannya, Tedi mengajak Pagaralam Pos ke lokasi pipa air bersih itu. Dia menunjukkan pipa yang bersih yang berujung tepat di atas drainase. Warga, kata dia, kalau mau mengambil air dari pipa itu mesti membawa wadah. Dia berkata begitu sembari menunjuk warga yang tengah mencuci pakaian. “Padahal dulunya kami berharap supaya air bisa ngalir sampai ke rumah-rumah,” lanjut Tedi. (11/CE-V)

Previous Tiga Kelurahan Terealisasi Kucuran Dana Kotaku
Next Sedekah Ruwah dan Berziarah Kubur