Adakan Ujian Kompetensi Wartawan


Foto : Madhon/Pagaralam Pos BUKA MUSDA : Walikota Pagaralam Ida Fitriati membuka secara resmi pelaksanaan Musda ke-1 PWI Kota Pagaralam, bertempat di Gedung Seminar Besh Hotel Pagaralam, kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Wartawan adalah manusia di dalam kebebasanya, indenpendensinya diatur dalam Undang-undang No.15 tahun 1999. “Apalagi yang tertinggi selain Undang-undang di Indonesia ini, wartawan dilindungi dalam Undang-undang dalam idenpendensinya atau kemerdekaannya, sehingga wartawan ini tajam-tajam lah pisau, masih tajamlah pena wartawan,” ujar Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati MKes, ketika membuka Musda PWI Kota Pagaralam ke-1 di Gedung Seminar Besh Hotel Pagaralam, kemarin.




Menurut Ida, pekerjaan wartawan bisa mengangkat satu kelompok, bisa sebaliknya menjatuhkan kelompok itu. Tentunya, dikerjakan secara profesional, independensi, dan tidak asal tulis. “Tidak asal tulis berita, ada etika-etika yang harus dipatuhi. Mencapai profesional ini, harus ada Uji Kompetensi Wartawan (UKW), sama halnya dengan organisasi profesi lainnya, seperti advokat, dokter, guru dan lainnya, semua punya standar kompetensi,” terangnya.




Khusus wartawan sebut Ida, juga ada standar kompetensi, kabarnya juga akan mulai diberlakukan pada tahun 2018. Melalui Musda ke-1 PWI Kota Pagaralam, dirinya berharap  kedepan wartawan dapat memiliki kompetensi, sehingga lebih profesional lagi dalam menyajikan berita. “Kita tantang pengurus PWI Kota Pagaralam, dalam waktu dekat ke-30 anggota PWI dapat mengikuti UKW, karena wartawan merupakan media penghubung antara pemerintah dengan masyarakat, antara pemerintah daerah dengan pusat,” katanya. (09)

Previous Berwisata Cek Kondisi Keamanan
Next Bangun Jalan Lingkungan di Tiga Lokasi