Abdul Fikri Yanto (Ketua F-PKS DPRD Pagaralam) Mantan Aktivis yang Menjadi Wakil Rakyat


Foto : Dok/Pagaralam Pos BERSATU : Ketua dan sekretaris F-PKS DPRD Kota Pagaralam, Abdul Fikri Yanto (kanan), dan Dedi Irawan Gumay (kiri).

PAGARALAM POS, Pagaralam- Semasa kuliah ia tak melulu belajar ilmu akademis. Ia juga menempa dirinya di dunia organisasi internal dan eksternal kampus. Maka, jadilah ia sosok aktivis yang intelektual. Ia adalah Abdul Fikri Yanto SThI MAg, mantan aktivis yang kini menjadi anggota DPRD Pagaralam dua periode.

Fikri kuliah IAIN-kini UIN-Raden Fatah Palembang. Di sinilah ia berkenalan dengan, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Ini merupakan salahsatu organisasi eksternal kampus. “Saya pernah jadi Ketua KAMMI Komisariat IAIN Raden Fatah,”ujarnya kemarin (22/7). Tak heran bila lelaki yang lahir pada 3 Februari 1981, ini memiliki banyak kawan dari banyak kampus.

Sementara di organisasi internal kampus, Fikri bergelut di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Puncaknya ia didapuk menjadi Presiden BEM IAIN Raden Fatah Palembang. Maka, ilmu politik Fikri kian terasah. Inilah sebabnya pada Pemilu 2014, suami Tintin Hartini SPd, membulatkan tekad nyaleg dengan perahu PKS daerah pemilihan Zona Dempo. Ia pun terpilih dan dilantik pada 25 Agustus 2014. Pada Pemilu 2019, Fikri kembali nyalon di Dapil yang sama dengan lima tahun sebelumnya. Juga dari PKS. Hasilnya ia kembali terpilih dan dilantik pada 28 Agustus 2019.

Selain Fikri, ada dua kader PKS lainnya yang menjadi anggota DPRD Pagaralam. Karenanya, PKS bisa membentuk fraksi sendiri. Saat pengesahan fraksi, Fikri didapuk menjadi ketua, hingga sekarang. Bagi Fikri, politik adalah seni dalam mengambil peran untuk kemaslahatan bersama. “Tinggal posisi kita masing-masing harus sesuai dengan kemampuan dan kapasitas,”ucap ayah tiga anak ini. “Yang terpenting dalam partisipasi politik adalah siapa mendapatkan apa dan dengan cara apa,” tambahnya. (Pid11)

Previous Insentif Tenaga Medis Proses Administrasi
Next Terus Berbhakti Dalam Penegakan Hukum