78 Tahanan Narkoba Tak Dapat Remisi


PAGARALAM POS, Lahat – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klass II A Lahat mengajukan 250 permohonan remisi khusus hari besar keagamaan yakni hari raya Idul Fitri 1437 H ke kementrian hukum dan HAM. Dari jumlah pengajuan itu, 78 tahanan dipastikan tidak mendapat remisi lantaran tersangkut kasus narkoba.

Kalapas Rosyidin didampingi Kasi Registrasi Taufik SH menyatakan, sesuai dengan PP no 99 tahun 2012 bagi terpidana khusus seperti kasus narkotika dengan hukuman diatas 5 tahun penjara sulit mendapatkan remisi. Menurutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. “Mereka ini (tahanan narkoba) wewenang langsung kementrian,” ujarnya, kemarin.

Sementara itu, di lebaran tahun ini 2 orang tahanan di Lapas Klas II A Lahat bakal menghirup udara bebas. Memang masa kurangan kedua tahanan ini sudah di penghujung alias mendekati bebas. Ditambah lagi pemangkasan masa tahanan dari remisi khusus yang membuat keduanya bakal kembali ketengah masyarakat.

“Rata-rata dapat remisi satu bulan, dan kebetulan dua orang tahanan ini sudah mendekati bebas. Ini baru sebatas pengajuan tapi akan segera kita umumkan kepada seluruh (napi) pada H-3 setelah keputusan resmi dari kemenkumham digulirkan,” ungkapnya. (mg21)

#baca berita selanjutnya….terbit 27 juni 2016#

Previous ‘Kantongi’ Identitas Pelaku Penusuk Yusuf
Next Longsor di Jalur Mudik