73 Siswa Terkena Penyakit Hepatitis A


Foto : Ist For Pagaralam Pos
PERIKSA : Pihak puskesmas Bandar Jaya Lahat saat periksa kantin sekolah, Jumat (11/10).

*Pelajar Diminta Jangan Asal “Jajan”

PAGARALAM POS, Lahat – Hasil pemeriksaan pihak Puskesmas Bandar Jaya Lahat, setidaknya 73 siswa dari sejumlah sekolah di Kelurahan Bandar Jaya, Kota Lahat, positif terjangkit penyakit Hepatitis A. Diduga penyebaran virus dibawa oleb lalat, yang banyak berasal dari Kantin Sekolah.

Kepala UPTD Puskesmas Bandar Jaya, dr Hj Sumirawati menerangkan, Hepatitis A disebabkan tiada lain, kebersihan dari Kantin Sekolah. Dimana banyak ditemukan air pembuangan dari Kantin Sekolah, tidak mengalir alias tergenang. Sehingga lalat pembawa penyakit yang hinggap ke air tersebut, menyebarkan penyakit ke alat ataupun makanan dan minuman di Kantin Sekolah.”Yang penting jangan suka jajan sembarangan. Apabila ada siswa positif Hepatitis A, juga bisa menularkan ke siswa lain. Bisa dari kontak secara langsung, alat makan/minun yang terkontaminasi virus,” terang dr Hj Sumirawati, Minggu (13/10).

Lanjutnya, 73 siswa tersebut diantaranya, 40 siswa SMKN 1 Lahat, 7 siswa SMKN 4, 3 siswa SMK Tiara, dan 23 pelajar SMPN 5 Lahat. Hasil itu didapat setelah pihaknya melakukan pemeriksaan langsung ke Sekolah. Dengan ciri-ciri yang terjangkit, mata menguning, mual-mual disertai muntah common cold, batuk, pilek, dan buang air kecil seperti warna teh. “Angka itu belum di sekolah lain. Bakal mudah tertular jika daya tahan tubuh melemah. Paling penting, perilaku hidup bersih sehat diperhatikan serius. Hindari jajan ditempat yang kotor. Karna jika dibiarkan penyakit ini bisa berdampak serius,” ujar dr Sumirawati. (mg02)

Previous Bupati Kembalikan Berkas Cabup Ke DPC PDI P
Next Tak Kunjung Pulang, Arin Ditemukan Tewas