5,8 Ribu Dokumen Kependudukan Sudah TTE


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Sebanyak 5,8 ribu dokumen kependudukan milik warga di Kabupaten Empat Lawang, sudah di Tandatangani Secara Elektronik (TTE), sejak digulirkannya program “Dukcapil Go Digital” oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

Program “Dukcapil Go Digital” ini sendiri merupakan program yang memungkinkan penandatanganan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Akte Lahir, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan dokumen kependudukan lainnya secara elektronik oleh pejabat yang berwenang di Dukcapil daerah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, Peterson Okki Bial MAP melalui Kabid Pengelolaan Informasi Admistrasi Kependudukan (PIAK), Alpianto SH didampingi Kasi Sistem Informasi Admistrasi Kependudukan (SIAK), Harry Trauman mengatakan, di Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang ini sendiri, penerapan Tandatangan Secara Elektronik (TTE), baru mulai dilaksanakan pada April 2020, lalu.
“Sejak April hingga saat ini, sudah lebih 5,8 ribu dokumen kependudukan dari 98 ribu kepala keluarga yang ada di Kabupaten Empat Lawang yang terdaftar di Dukcapil, yang sudah ditandatangani secara elektronik,” ungkap Alpianto.

Pihaknya sendiri kata Alpianto, menargetkan, seluruh dokumen kependudukan warga di Kabupaten Empat Lawang, sudah bebasis elektronik. Karena akan memudahkan warga yang bersangkutan dalam mendapatkan pelayanan yang berkaitan dengan dokumen kependudukan.
“Seperti KK, kalau sudah berbasis elektronik, copy (salinan) tidak perlu lagi minta legalisir ke Disdukcapil, karena di KK itu sudah ada barcode, tinggal scan barcode bisa langsung dicek keaslian pemilik,” jelasnya.

Tentu saja tambah Alpianto, adanya dokumen kependudukan yang sudah ditandatangani secara elektronik, dapat menjaga keaslian dari pemalsuan data kependudukan, karena dengan sangat gampang dicek keaslian data yang tertulis di dokumen kependudukan itu dengan cukup menscan barkode yang ada di dokumen tersebut. “Juga, masyarakat bisa print sendiri dokumen kependudukannya, karena berbentuk berkas pdf yang dikirim ke email pemilik,” imbuhnya.

Disampaikannya, jika masyarakat ingin mengganti dokumen kependudukan mereka yang lama seperti KK, ke KK elektronik, masyarakat bisa mengajukannya dengan membawa berkas dokumen KK yang lama ke Disdukcapil Empat Lawang. “Kita akan ganti yang lama ke dokumen elektronik yang ada barcode-nya. Dan memang, yang KK kita keluarkan sejak april lalu, sudah dalam bentuk dokumen elektronik, ada barcode-nya,” tukas dia. (Ac07)

Previous Empat Tahanan Kabur Kembali Dikandangkan
Next Firmansyah, Dari Kadus Hingga Anggota Dewan