50% Remaja Terlibat Kriminalitas


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
GENCAR SOSIALISASI : Tampak puluhan siswa SMKN 2 Kota Pagaralam begitu antusias dengar pengarahan, tentang tidak kriminalitas dilakukan remaja diberikan Tim LK3, kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Berdasarkan hasil dari data sosial yang dikumpulkan, hampir 50% anak remaja di Kota Pagaralam, pernah melakukan tindak kriminalitas, seperti bolos sekolah, tawuran antar sekolah, pacaran sembunyi-sembunyi, mencuri, membully hingga penyalahgunaan android.




“Hampir 50% anak remaja kita pernah melakukan tindak kriminalitas. Ini semua mengacu pada hasil data sosial yang kita kumpulkan lewat kegiatan sosialisasi pencegahan tindak kriminalitas, yakni pengisian angket kuisioner, yang diisi secara jujur oleh siswa,” ungkap Kepala Dinsos Kota Pagaralam, H Sukman SE MM, melalui Kasi Penanganan Fakir Miskin, Hema Ovida SIp MM dan Ketua LK3 Kota Pagaralam, Hanny Nurcholisa, saat Tim Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kota Pagaralam memberikan penyuluhan tentang bahaya perilaku pergaulan bebas, tindak kekerasan terhadap anak di SMK Negeri 2 Kota Pagaralam, kemarin (25/10).




Sosialisasi pencegahan tindak kriminalitas pada remaja kata Hanny, sangat penting disampaikan kepada pelajar, sebagai bentuk membentengi diri siswa dari perilaku negatif, terutama menyangkut hal kenakalan remaja. Untuk mencegah tindak kejahatan tersebut, sambung Hanny, tentu peran aktif dan juga pengawasan dari orangtua sangatlah dibutuhkan.




“Peran dan perhatian orangtua, sangat dibutuhkan untuk mencegah tindak kejahatan yang dilakukan remaja. Bukan hanya memberikan pendidikan formal semata, melainkan juga penamaman nilai religi, kita juga siap memberikan bimbingan konseling secara gratis,” tandas Hanny. (09)

Previous Pejabat DL Berjama’ah, Pemkab Muratara Sepi
Next Hebat...!!! Tampil All Out, PS Pagaralam Mampu Imbangi Juara II Porprov Lubuklinggau