415 Pelanggar Protkes Nyanyi Lagu Kebangsaan


Foto : Heru/Pagaralam Pos
TINDAK : Satpol PP Lahat bersama Polres dan Kodim 0405 saat menindak pelanggar protkes, Senin (14/9).

PAGARALAM POS, Lahat – Mulai hari ini Senin (14/9), bagi masyarakat Kabupaten Lahat yang melanggar protokol kesehatan (protkes red) seperti tidak menggunakan masker dan lainnya, siap-siap menerima sanksi dari Satpol PP Kabupaten Lahat. Terbukti hingga berita ini dimuat, sudah ratusan warga Kota Lahat yang mendapatkan sanksi tersebut.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Lahat, Fauzan Khoiri mengatakan, sesuai hasil rapat bersama Polres Lahat, dan Kodim 0405, pihaknya bersama akan melakukan hunting memberikan sosialisasi terkait protkes, dan langsung memberikan sanksi kepada warga maupun pelaku usaha yang melanggar. “Hari ini sejak pukul 09.00 WIB kita bersama Polri dan TNI, sudah berkeliling menjalankan penerapan sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan,” kata Fauzan.

Lanjut Fauzan, setidaknya ada 415 orang, dan 85 pelaku usaha yang melanggar. Untuk pelanggar perorangan, diberikan sanksi menyanyikan lagu kebangsaan, bersihkan sampah disekitar, membuat pernyataan perjanjian lisan dan direkam untuk tidak mengulangi pelanggaran. Sedangkan untuk pelaku usaha diberikan teguran untuk melengkapi alat cuci tangan. “Sasaran tempat umum, pasar, tempat keramaian, hingga yang terpantau menggelar hajatan. Untuk operasi gabungan akan disesuaikan dengan perintah atasan, tapi untuk dari Satpol PP akan dilaksanakan secara rutin sampai corona hilang,” ujarnya.

Disisi lain sebelumnya, Ketua MUI Lahat, Drs H Zulkiah A Kohar menuturkan, pemberian sanksi bagi pelanggar protkes dinilai cukup bagus. Mengingat sesuai karakter, warga lahat ini tidak cukup jika hanya diberikan peringatan secara lisan. “Memang harus ada tindakan tegas, karna sebigal (nakal red) warga lahat, masih akan nurut aturan,” tuturnya. (her18)

Previous Tak Patuh Protkes, Warga Muba Bakal Disanksi
Next Joncik Kantongi Nama Pengganti Sekda