4 Dusun Bakal Tak dapat Pasokan Air


Foto: Madhon/Pagaralam Pos PATAH: Petani warga Dusun Gunung Mesir, memperlihatkan kondisi bangunan dinding irigasi yang patah, hingga mengakibatkan hektaran areal sawah terancam kekeringan, kemarin.
Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PATAH: Petani warga Dusun Gunung Mesir, memperlihatkan kondisi bangunan dinding irigasi yang patah, hingga mengakibatkan hektaran areal sawah terancam kekeringan, kemarin.

PAGARALAM POS, Reba Tinggi – Ambruknya, dinding penahan saluran irigasi berlokasi di RT 04, RT 05 dan RT 06 Dusun Gunung Mesir dan Dusun Sandar Angin, Kelurahan Reba Tinggi, Kecamatan Dempo Utara, menjadikan lebih kurang 250 Hektar (ha) areal sawah di empat dusun, yakni Dusun Gunung Mesir, Dusun Sandar Angin, Dusun Tanjung Pasai dan Dusun Lembah Serunting terancam kekeringan, karena tidak mendapatkan pasokan air yang cukup.

Anes (29), warga Dusun Gunung Mesir mengatakan, ambruknya dinding saluran irigasi di wilayah Dusun Gunung Mesir dan Sandar Angin diperkirakan terjadi Minggu (3/1) malam. Disinyalir kuat akibat hujan deras yang terus mengguyur Kota Pagaralam.

“Kita curiga, aliran air mengaliri sawah debit airnya terus mengecil. Setelah dicek dan menyusuri aliran sumber air, maka didapatilah bagian dinding saluran irigasi di Dusun Gunung Mesir dan Sandar Angin sudah longsor, sehingga air tumpah ke bawah,” jelas Anes dibincangi wartawan koran ini di sela meninjau lokasi longsor, kemarin.

Sementara itu, Ketua RT Gunung Mesir, Efendi menerangkan, dinding saluran irigasi yang longsor ini memiliki panjang lebih kurang 50 meter, mengakibatkan kurang lebih 250 ha sawah, kolam-kolam ikan dan pemandian umum terancam tidak mendapatkan pasokan air.

“Sebenarnya ada dua titik dinding irigasi di lokasi yang sama ambruk. Akan tetapi satu titik mengalami kerusakan yang sangat parah, sedangkan satu titik lagi sudah dilakukan upaya perbaikan. Mengatasi kerusakan semakin bertambah parah, kita berharap pihak terkait dapat segera mengambil tindakan, sehingga tidak berdampak luas terhadap mata pencaharian warga,” harapnya.

Terpisah, Lurah Reba Tinggi, Suharno SE mengaku, bencana alam berupa longsor yang menyebabkan dinding saluran irigasi berada di Dusun Gunung Mesir dan Sandar Angin jebol, sudah diketahui pihaknya dan dilaporkan kepada pihak kecamatan untuk bisa ditindaklanjuti ke pihak terkait.

“Kita sudah menerima laporan dari Ketua RT dalam bentuk laporan tertulis. Dan kita juga tentu sudah membuat laporan dengan Nomor surat 360/02/RT/Dp.U/2016, dengan perihal laporan bencana, yang ditujukan kepada pihak kecamatan. Semoga laporan ditujukan itu dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait,” katanya. (09/CE-V)

Previous Tembus Target, Tapi Pemilik Kios Masih Nunggak Sewa
Next Ajarkan Seni Tari Semenjak Usia Dini