299 Calon Jamaah Haji Lahat Gagal Berangkat


PAGARALAM POS, Lahat – 299 calon jamaah haji asal Kabupaten Lahat, tahun ini gagal berangkat ke tanah suci. Hal ini sesuai keputusan Kementerian Agama. Karena pandemi Covid 19, pemberangkatan haji tahun ini diundur ke tahun 2021 mendatang.

Pembatalan pemberangkatan haji tahun ini membuat sejumlah calon jamaah kecewa. Selain telah menunggu lama, diantara calon jamaah juga banyak yang berusia lanjut. Apalagi rangkaian keberangkatan telah diikuti semua, mulai dari manasik, suntik maninghitis, maupun pelunasan biaya haji. “Kecewa tentu ada, sudah 8 tahun menunggu, bahkan batik untuk haji juga sudah dibuat. Namun kita yakin berangkat atau tidaknya, atas izin Allah SWT,” tutur Ice Apralistiana SPd MM, warga Bandar Jaya, Kota Lahat, Kamis (4/6).

Sementara Kepala Bagian Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Lahat, Drs H Muhammad Ghandil MM menerangkan, dari 299 calon jamaah, 248 diantaranya sudah melakukan pelunasan. Jamaah yang telah melunasi akan masuk dalam kuota keberangkatan haji ditahun 2021 M/1441H. “Setoran pelunasan bisa diminta kalau jamaah maupun petugas haji meminta kembali. Bagi yang sudah membuat paspor, akan dikembalikan juga. Uang setoran tersimpan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH),” terang M Ghandil. (her18/CE-V)

Previous Wisata Air Terjun Muaro Meredam Ramai Pengunjung
Next Dampingi HIMBARA Salurkan Perluasan Sembako