21 Varietas Kopi Unggul Diteliti


PAGARALAM POS, Pagaralam – Soal kopi, Kota Pagaralam rasanya tak perlu diragukan lagi. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balitri) Kementerian Pertanian (Kementan), baru-baru ini telah mengambil 21 kopi varietas unggul dari Pagaralam. Nantinya, kopi varietas unggul tersebut akan diteliti lebih lanjut.

Peneliti Madya Balitri, Ir Handi Supriadi mengatakan, penelitian terhadap 21 kopi varietas unggul asal Pagaralam sudah dimulai. “Jenisnya robusta. Saat ini sudah kami teliti,” ucap Handi, dihubungi Pagaralam Pos, kemarin.

Proses penelitian tersebut katanya diperkirakan memakan waktu 3 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, Balitri akan mengggunakan berbagai teknologi canggih. Satu diantaranya dengan menggunakan tes DNA. “Supaya hasil daripada penelitian itu benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Jadi tidak sembarangan,” tegasnya.

Ditambahkannya, proses penelitian tersebut juga bersifat seleksi. Artinya kata dia, tidak semua 21 varietas unggul akan lolos. “Mungkin dari 21 varietas unggul ada 5 atau 6 saja yang akan lolos seleksi,” sebutnya.

Sementara yang lolos seleksi lanjut dia, akan dilepas atau diperkenalkan ke publik. Dengan demikian, bisa dipakai di seluruh petani di Indonesia. Dirinya optimistis, varietas unggul yang lolos seleksi nanti tak kalah berkualitas ketimbang varietas unggul dari daerah lain. (11)

Previous Akhir Penantian 75 Tahun
Next Pagaralam Gagal Dapat Piala Adipura