100 Calon Dinyatakan Gugur


Foto : dok/Pagaralam Pos
TUNGGU WAKTU : Para calon relawan demokrasi (Relawan) berkumpul di depan kantor KPU Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam telah mengumumkan hasil seleksi relawan demokrasi (Relasi), kemarin (24/1). Hasilnya 100 orang calon dinyatakan tak memenuhi syarat alias gugur.




“Iya.  Hasil seleksi Relasi sudah kami umumkan tadi (kemarin, red) melalui grup WA (Whas’App) dan ditempel di papan pengumuman kantor KPU,” ucap Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Elsi Sandi SKom MM, dihubungi Pagaralam Pos, kemarin (24/1).




Elsi menyebutkan, jumlah Relasi yang lulus seleksi ada sebanyak 55 orang. Mereka berasal dari 10 basis pemilih. Dengan demikian diakuinya, ada 100 orang calon yang dinyatakan gugur. Sebab sebelumnya jumlah pendaftar ada sebanyak 155 orang. “Kami merekrut orang yang paham tentang kepemiluan serta pandai berkomunikasi. Juga bebas dari partai politik,” ucapnya mengenai kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi Relasi.

Demi Partisipasi Pemilih

Apa sebenarnya tugas para relawan itu? Elsi mengatakan, para Relasi bertugas untuk mensosialisasikan Pemilu 17 April kepada 10 basis pemilih di dalam masyarakat. 10 basis pemilih ini di antaranya pemilih disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih pemula, pemilih muda dan pemilih berbasis warga net. “Mereka harus menjelaskan tentang Pemilu. Termasuk hal teknis seperti membedakan surat suara Pileg dan Pilpres,” papar Elsi




Elsi menyebutkan, para Relawan bertugas sampai dengan April. Setiap seminggu sekali mereka wajib menyampaikan laporan tertulis kepada KPU. Laporan ini berisi rincian tugas yang telah dilaksanakan yang dibuktikan dengan dokumentasi foto.




Keberadaan para Relasi di tengah masyarakat itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih. Masyarakat diharapkan mau menggunakan hak pilihnya. Tidak sebaliknya memilih ‘golongan putih’ alias Golput. “Partisipasi pemilih Pemilu 2019 kami targetkan bisa melebihi Pilkada 2018,” ujar Komisioner KPU Irfan Amd, ketika beberapa waktu lalu. (11)

Previous Politik Uang Semakin Sulit Diberantas
Next Susno Siap Ambil Alih ARPA